Ini Lima Tips Pengusaha Hadapi Hantaman Keras Ekonomi Akibat Covid-19 Jelang Akhir Tahun!!

- 25 September 2020, 08:42 WIB
Ilustrasi uang rupiah/ EmAji / Pixabay/pikiran rakyat
Ilustrasi uang rupiah/ EmAji / Pixabay/pikiran rakyat /

BERITA KBB- Pandemi virus corona (Covid-19) yang hingga saat ini belum berakhir menjadi pukulan keras bagi perekonomian masyarakat. Bahkan, banyak pengamat ekonomi yang memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih dalam posisi minus hingga kuartal keempat atau akhir tahun ini.

Dampaknya, memaksa merek dan bisnis, khususnya UMKM bekerja keras menjaga kelangsungan dan kelancaran operasi bisnis. Untuk itu, Di tengah guncangan yang ada, penting bagi para pelaku bisnis untuk memiliki parameter khusus guna mengevaluasi posisi mereka saat ini serta membuat perencanaan bisnis yang matang untuk beberapa bulan mendatang.

Melina Marpaung, Head of Commercial Zilingo, dalam siaran resmi yang diterima ANTARA, Jumat (25/9/2020) memberikan saran untuk menjadi pertimbangan para merek dan bisnis untuk menghadapi kuartal terakhir tahun yang penuh tantangan ini sebagai berikut:

Baca Juga: Keren ! Skuat FSV Mainz Sempat Mogok Latihan Demi Membela Szalai

Baca Juga: Sudah Cek? BLT Rp 500.000 Non-PKH Cair

Tinjau manajemen inventaris

Meninjau inventaris Anda merupakan parameter penting untuk mengevaluasi kesehatan bisnis Anda.

“Jika Anda memiliki terlalu banyak stok persediaan di gudang Anda, ini mungkin saat yang tepat untuk mengevaluasi kembali stok. Mengurangi inventaris dapat membantu Anda menurunkan biaya inventaris tanpa mengorbankan kualitas barang yang terjual atau merepotkan pelanggan Anda,” ujar Melina.

Melina menambahkan, situasi ini mungkin timbul dengan beberapa kelebihan pesanan untuk produk jenis tertentu. Salah satu solusi yang layak adalah melakukan proses pengadaan produk dari pemasok lain dengan harga lebih baik.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x