Perketat Kerjasama Ketenagakerjaan ASEAN untuk Keluar dari Krisis

- 26 Oktober 2020, 21:28 WIB
/Humas Kemnaker

BERITA KBB - Merebaknya pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk negara anggota ASEAN, berdampak besar bagi dunia ketenagakerjaan.

Untuk keluar dari masa krisis ini, maka kerja sama ASEAN di bidang ketenagakerjaan harus lebih erat dan kompak, hal tersebut diungkapkan oleh Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi saat membuka acara pertemuan Senior Labour Officials Meeting (SLOM) ke-16 secara hybrid virtual meeting di Jakarta, Senin 26 Oktober 2020.

"Kita harus bersatu padu merespon dan melawan Covid 19 dengan seefektif mungkin. Dengan solidaritas ASEAN kita bisa keluar dari krisis bersama-sama, tanpa ada yang tertinggal," ujar Sanusi. 

Baca Juga: Kecewa dengan Pernyataan Presiden Prancis Soal Islamofobia, Pakistan Panggil Dubes Prancis!!

Anwar menambahkan, dalam rangka keluar dari krisis tersebut, pihaknya menyambut positif ASEAN Comprehensive Recovery Framework (ACRF), yang telah dikonsultasikan di tingkat SLOM dan badan-badan pendukungnya melalui fasilitasi Sekretariat ASEAN.

"Mari kita dukung bersama dengan inisiasi kerja sama konkrit, agar ketenagakerjaan ASEAN dapat segera lepas dari dampak buruk Covid-19," katanya. 

SLOM adalah agenda rutin pejabat tinggi Kemnaker tingkat ASEAN setiap dua tahun sekali. Dalam pertemuan SLOM, dibahas isu-isu ketenagakerjaan. Mulai dari pelindungan pekerja migran, komitmen bersama untuk menghentikan pekerja anak pada tahun 2025, maupun green policy (kebijakan ramah lingkungan).

 Baca Juga: Kisah Cinta Segitiga di Sinetron 'Ikatan Cinta' RCTI Sedang Berlangsung, Ini Link Live Streamingnya

Secara periodik, Kementerian Ketenagakerjaan se-ASEAN mendapat giliran untuk menjadi Tuan Rumah dan menjabat sebagai Ketua SLOM (Chair SLOM).

Tahun ini, Indonesia berkesempatan menjadi Tuan Rumah SLOM ke-16 dan menjadi Ketua SLOM untuk tahun 2020-2022. Sebelumnya, Malaysia menjabat Ketua SLOM untuk periode 2018-2020.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x