Apa Saja Faktor yang Membuat Suami Istri Memilih Childfree? Berikut Penjelasan Psikolog Anak dan Keluarga

- 24 Agustus 2021, 08:05 WIB
Ilustrasi childfree.
Ilustrasi childfree. /Pixabay/AWFotografie/

BERITA KBB - Belum lama ini ramai pembahasan soal childfree yaitu pasangan suami istri yang memutuskan untuk tidak memiliki anak.

Berbagai alasan dan latar belakang pun menjadi penyebab pasangan suami istri enggan memiliki anak dari hubungan rumah tangganya.

Soal pilihan childfree yang dipilih oleh suami istri tersebut, Psikolog anak dan keluarga Samanta Elsener, M.Psi., Psi, mengutarakan pandangannya.

Dia menyebut suami istri yang memilih childfree pastinya memiliki beberapa faktor yang menjadi pertimbangan.

Baca Juga: Jangan Seperti Luna Maya, Menyesal Baru Melakukannya di Usia 29-an: Sekarang Aku Malah Gila

Faktor-faktor yang melatar belakangi suami istri enggan memiliki anak antara lain adalah kesiapan finansial, memiliki penyakit kronis hingga kesiapan menjadi orangtua.

"Banyak faktor (dari pasangan) sehingga memutuskan childfree, di antaranya adalah finansial yang dirasa belum mumpuni untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik, ada penyakit bawaan atau kronis, kesiapan menjadi orangtua, informasi atau wawasan seputar pernikahan dan membentuk keluarga yang simpang siur, trauma masa kecil, dan lainnya," kata Samanta kepada Antara, Senin 23 Agustus 2021.

Tak melulu soal kesiapan finansial belaka, soal kesiapan mental juga menjadi faktor penting dalam memilih untuk childfree.

Baca Juga: Sinopsis Putri untuk Pangeran 24 Agustus 2021, Tristan Terpojok dan Play Victim di Hadapan Mel dan Riski

Apalagi di kondisi seperti pandemi sekarang yang tak menentu, faktor mental akan sangat berpengaruh terhadap pilihan yang diambil.

Halaman:

Editor: Syamsul Maarif


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x