Simak! 5 Ketakutan Dasar yang dimiliki Manusia

- 26 Juni 2023, 06:46 WIB
Ilustrasi gambar ketakutan/pixabay
Ilustrasi gambar ketakutan/pixabay /Dita Nilan Karlasari/Phanophobia, Jenis Fobia yang Paling Ditakuti. Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya!
 
 
BERITA KBB – Rasa takut merupakan mekanisme alami dalam diri manusia untuk memberikan sinyal ke otak bahwa sesuatu hal yang buruk akan terjadi bila kita tidak ambil sikap.
 
Anggap rasa takut sebagai hal yang wajar agar kita bisa lebih terbiasa dalam menyikapinya.
 
1. Takut di-judge
Berbagai macam latar belakang manusia dengan cara berpikir mereka membuat kita takut bahwa intensi kita dinilai buruk oleh orang lain.
 
 
2. Takut gagal
Ekspektasi yang berasal dari lingkungan sosial atau diri sendiri untuk berhasil membuat kita jadi takut gagal. Kalau takut gagal-nya berlebihan, kita jadi gak mau mencoba untuk berusaha.
 
3. Takut akan ketidakpastian
Kita overthinking terhadap sesuatu yang kita anggap tidak pasti. Misalnya, ketika lagi PDKT kita gak bisa mengukur apakah seseorang mau serius sama kamu atau sekedar main-main aja.
 
 
4. Takut akan rasa sakit
Rasa sakit merupakan pengalaman yang tidak enak untuk manusia sehingga mempersepsikan suatu hal akan menimbulkan rasa sakit membuat orang lain takut.
Misalnya takut memulai hubungan karena bisa aja endingnya kecewa.
 
5. Takut kehilangan
Takut kehilangan semua hal yang telah menjadi bagian dari hidup kita misalnya pekerjaan, orang tersayang, ataupun kehilangan uang sebab kita gak tahu bagaimana hidup kita selanjutnya.
 
Itulah 5 Ketakutan Dasar yang dimiliki Manusia.

Editor: Siti Mujiati

Sumber: instagram @salamchat.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x