7 Tips Ampuh Atasi Depresi Pasca Pensiun, Jangan Biarkan Hari Tua Anda Hampa!

- 14 Juli 2023, 14:18 WIB
7 Tips Ampuh Atasi Depresi Pasca Pensiun, Jangan Biarkan Hari Tua Anda Hampa!
7 Tips Ampuh Atasi Depresi Pasca Pensiun, Jangan Biarkan Hari Tua Anda Hampa! /
 

Berita KBB - Setiap orang yang bekerja, tentu suatu saat akan memasuki masa pensiun ketika usia sudah lanjut. Di Indonesia, menurut Pasal 15 PP Nomor 45 Tahun 2015, usia pensiun ditetapkan di umur 57 tahun sejak 2019, dan bertambah hingga maksimal 65 tahun.

Ketika pensiun, seringkali para orang tua merasa stres dan depresi karena sudah tidak memiliki kesibukan rutin seperti ketika saat masih bekerja dulu. Apakah depresi pasca pensiun ini merupakan hal yang normal? Berikut pembahasannya.

Dikutip dari Healthline, depresi pasca pensiun merupakan sesuatu yang sangat wajar. Beberapa orang mengalami kondisi ini selama beberapa minggu, tapi ada juga yang sampai bertahun-tahun.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Penghulu Ganteng Idolaque, Ada Angelica Simperler dan Fauzan Nasrul, 08:00 WIB

Depresi pasca pensiun ini lebih rentan terjadi pada orang yang terkucilkan dari pergaulan sosialnya dan terpaksa pensiun karena faktor usia. Penyebab lainnya bisa berupa masalah perkawinan dan kondisi finansial yang tak menentu dan kesehatan yang menurun.


Meskipun depresi pasca pensiun merupakan sesuatu yang normal, tapi tetap kondisi ini sebaiknya tidak terus-terusan terjadi. Berikut ini tips atasi depresi pasca pensiun yang bisa dicoba agar masa tua tidak sampai hampa.


Tips Atasi Depresi Pasca Pensiun


  1. Punya Jadwal yang Diikuti

Cobalah membuat jadwal rutinitas yang akan dilakukan hari demi hari, seperti bangun pagi di jam yang sama dan melakukan aktivitas yang sudah direncanakan. Hal ini untuk menjaga rasa kebergunaan dan keteraturan dalam menjalani hidup sehari-hari.


  1. Jangan Pensiun Sepenuhnya

Bila Anda khawatir tidak memiliki rutinitas setelah pensiun, cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan dan sesuaikan jam kerja seperti saat waktu masih bekerja dulu.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Heatlhline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x