Apa Itu Placebo Sleep? Berikut ini Penjelasannya, Apakah Berbahaya

- 22 September 2021, 15:27 WIB
Ilustrasi lega dari nyeri atau efek placebo
Ilustrasi lega dari nyeri atau efek placebo /BAYU/Pexels/Andrea Piacquadio

BERITA KBB - Bagi penderita insomnia, terapi placebo sleep membuat tidur lebih berkualitas, tanpa pil tidur sekalipun.

Apa itu placebo sleep? yaitu, cara yang digunakan untuk mengelabui otak atau memberikan sugesti, bahwa seseorang memiliki waktu tidur yang cukup, padahal waktu yang digunakan untuk tidur cukup singkat.

Berkat placebo sleep, seseorang dapat meningkatkan kinerja sepanjang hari tanpa harus memikirkan ngantuk dan lelah, karena semalaman hanya tidur 15 menit atau hanya memejamkan mata sepersekian detik.

Baca Juga: Sinopsis Putri Untuk Pangeran 22 September 2021, Pangeran Bangkrut, Atta Berkhianat

Baca Juga: Profil dan Biodata Zahra Yuriva, Peserta MasterChef Indonesia Season 7 yang Ternyata eks Anggota Grup Ini

Dilansir dari amerysleep, efek placebo adalah fenomena yang terdokumentasi dengan baik di mana perubahan fisik atau mental terjadi ketika seseorang percaya bahwa mereka menerima pengobatan atau perawatan yang nyata, padahal pada kenyataannya mereka menerima pil gula atau zat atau tindakan lain yang tidak efektif.

Temuan yang menarik ini memiliki implikasi nyata dan akan menawarkan suatu bukti untuk masa depan, di mana kualitas waktu tidur jauh berbeda dari apa yang dialami.

Pola pikir pun dapat mempengaruhi keadaan kognitif baik dalam arah positif maupun negatif, menunjukkan sarana untuk mengendalikan kesehatan dan kognisi seseorang.

Studi ini juga dapat membantu berpikir tentang bagaimana tidur dapat meningkatkan kesejahteraan dengan cara berpikir yang berbeda.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x