Di Akhir Masa Jabatannya, Moon Jae-in Menyebutkan Bangga Pada BTS di Pidato Kepresidenan

- 4 Maret 2022, 18:17 WIB
 Presiden Korea Selatan Moon Jae-in melakukan kunjungan ke Austria.
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in melakukan kunjungan ke Austria. /Jabin Botsford/Pool via REUTERS

 

BERITA KBB- Dalam pidato kepresidenan di akhir masa jabatannya pada Selasa 1 Maret 2022 waktu setempat Moon memaparkan bahwa dirinya bangga pada BTS yang telah mengharumkan nama Korea Selatan (Korsel)

Pidato presiden juga dalam rangka memperingati 103 tahun Gerakan Kemerdekaan 1 Maret di The National Memorial of the Korean Provisional Government di Seodaemun-gu, Seoul.

"Hallyu, yang diwakili oleh Kpop berhasil meliput seluruh dunia. Lalu mengenai fenomena BTS, Forbes mengatakan itu adalah 'normal baru'," kata Moon dalam pidatonya. 

Baca Juga: Status Doni Salmanan Naik Ke Tahap Penyidikan Dalam Kasus Bimono

Baca Juga: Pandangan Medis Makan dan Minum Sambil Duduk Seperti Rasulullah SAW 

Ia juga menyebutkan bagaimana harapan tokoh negara Baekbeom atau Kim Gu, tokoh kemerdekaan Korsel yang sangat terkenal akan sebuah negara dengan kekuatan budaya tinggi yang dipenuhi oleh seni dan budaya Korea.

"Satu-satunya harapan saya adalah negara saya akan mempertahankan budaya yang mulia, karena itu akan memberikan kebahagiaan tidak hanya kepada kami (orang Korea), tetapi juga kepada orang lain," demikian kutipan terkenal Kim Gu.

Presiden Moon pun tidak menyangka bahwa budaya dan seni negaranya akan dikenal dunia. "Rasanya seperti mimpi yang jauh. Hari ini, bagaimanapun, kami berhasil membuatnya," ujarnya.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x