Pandangan Medis Makan dan Minum Sambil Duduk Seperti Rasulullah SAW  

- 4 Maret 2022, 17:32 WIB
Ilustrasi adab makan dan minum.
Ilustrasi adab makan dan minum. /Pixabay/ambroo//

BERITA KBB- Umat Islam diwajibkan untuk makan dan minum sambil duduk. Secara medis, makan dan minum sambil duduk dianggap lebih baik daripada makan dan minum sambil berdiri atau sambil tiduran.

Anas bin Malik RA

Dari Nabi SAW bahwasanya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri. "Qatadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), "Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?" Anas menjawab: "Itu lebih parah dan lebih jelek." (HR Muslim).

Dalam buku Makan dan Minum Sambil Berdiri Haramkah, Syafri Muhammad Noor menjelaskan hikmah dan manfaat kesehatan makan dan minum sambil duduk.

Baca Juga: Doni Salmanan Hengkang Dari Brand Representative D'Moon Hal Ini Akibat Kasus Dugaan Judi Online Binary Option

Baca Juga: Adab Makan dan Minum dalam Islam

Orang yang memiliki kebiasaan minum sambil duduk akan terhindar dari dehidrasi dan bermanfaat dalam membantu menyehatkan ginjal.

Kebiasaan ini juga dapat menghindarkan diri dari penyakit lambung. Menurut Ana Budi Rahayu, refluks asam lambung dapat disebabkan salah satunya dari kebiasaan minum dan makan sambil berdiri.

Hal itulah yang kemudian menyebabkan asam lambung naik ke esofagus dan membuat kerongkongan teriritasi. "Untuk mencegah kondisi ini maka sebaiknya sahabat minum dan makan sambil duduk sebagaimana seperti anjuran Rasulullah SAW," ujar Syafri.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x