5 Tips Self-Healing Untuk Jaga Kesehatan Mental

- 12 Juli 2022, 12:26 WIB
Ilustrasi healing
Ilustrasi healing /Pexels/Taryn Elliott
BERITA KBB - Healing, kata yang sering kali dilontarkan ketika seseorang sudah berada dimasa jenuh dan suntuk akan lingkungannya. Kata healing pun pasti berhubungan dengan refreshing, jalan - jalan, me time atau menghabiskan waktu sendirian.
 
Hal tersebut dilakukan untuk melepas penat hingga stress yang dirasakan karena pekerjaan ataupun rutinitas sehari - hari. 
 
Healing dan Selfhealing tentunya memiliki arti yang hampir sama dimana berkaitan dengan kesehatan mental. Namun makna dari Selfhealing itu sendiri ialah penyembuhan diri sendiri.
 
 
Makna sebenarnya dari kata self healing adalah penyembuhan diri sendiri dari luka batin. Self-healing merupakan sebuah proses untuk penyembuhan luka batin yang mengganggu emosional dari diri kita.
 
Sebagian orang tentunya pernah  mengalami masalah dan lelah secara emosional. Hal itu menyebabkan adanya luka batin dalam jangka waktu yang lama, sehingga berdampak pada kegiatan sehari-hari. 
 
Nah adanya Selfhealing ini sebagai salah satu upaya untuk menghilangkan semua beban dan mengobati luka batin itu sendiri secara perlahan.
 
 
Untuk kamu yang sedang mengalami stress berlebihan, emosi yang tidak stabil dan luka batin yang dalam. 
 
Dilansir dari berbagai sumber,  Ini dia 5 tips yang bisa dilakukan untuk self-healing untuk menjaga kesehatan mental dan menstabilkan emosi kamu :
 
1. Belajar Memaafkan Diri Sendiri
 
Jika memaafkan orang yang telah menyakitimu sulit, cobalah lakukan dulu dengan diri sendiri. Pada bagian sebenarnya sama saja dengan kamu belajar menerima kekurangan diri sendiri dan memaafkan diri sendiri atas kekurangan tersebut untuk bisa memperbaikinya dimasa depan.
 
Jika kamu sudah secara 100% ikhlas menerima kekurangan mu dan memaafkan diri sendiri, maka memaafkan orang lain tidak akan sesulit seperti sebelumnya. Karena hal yang paling tersulit sebenarnya adalah menang dari diri sendiri.
 
 
2. Meditasi Dengan Menulis dan Membaca
 
Kegiatan meditasi diri dengan menulis jurnal dan membaca buku pengembangan diri juga bisa jadi kegiatan alternatif untuk menjaga kesehatan mental. Menurut Indah, menulis jurnal harian bisa membantu mengurai emosi, pikiran, dan perasaan negatif agar lebih mudah dipahami dan dipetakan.
 
3. Jaga Hubungan & Berbagi Cerita
 
Komunikasi dengan orang-orang di sekitar bisa menjadi cara untuk menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Dukungan ini bisa memberikan rasa tenang, mengurangi perasaan sendirian, dan sebagai bantuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.
 
4. Kenali Batas Diri Sendiri
 
Batasan diri dalam beraktivitas sehari-hari ternyata juga harus dikenal dengan baik lho! Hal ini disebabkan karena tidak adanya batasan bisa menyebabkan penurunan kondisi diri dalam beberapa aspek, misalnya produktivitas, kekurangan fokus, kualitas tidur, dan nafsu makanan yang terganggu.
 
Mengenal diri sendiri bisa juga dilakukan dengan memperhatikan beberapa rambu awal yang menunjukkan hal yang kurang baik pada diri sendiri, misalnya perilaku menjauh dari orang dan tidak mau beraktivitas, tidak adanya energi dan ketidakberdayaan, hingga perubahan mood/emosi dan konsumsi berlebihan pada produk tertentu.
 
5. Melakukan Me Time
 
Dengan me time, kamu dapat menenangkan diri dan membuat keputusan atas apa yang akan dijalani berikutnya dengan lebih baik.
 
Kamu bisa melakukan kembali hobi yang sudah lama tidak kamu lakukan. Mencari hobi baru yang lebih menantang seperti berolahraga, latihan menari atau hiking atau sebaliknya yang lebih tenang seperti merajut, membaca buku atau poetry.
 
Demakian, itulah penjelasan mengenai Selfhealing hingga tips yang dapat kamu lakukan untuk proses salah satu bentuk Selfhealing kamu. Selamat mencoba.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x