Raih Penghargaan Film Panjang Indonesia Terbaik di Jakarta Film Week 2022,Ini Sinopsis Film Mencuri Rade saleh

- 24 Januari 2023, 08:16 WIB
Raih Penghargaan Film Panjang Indonesia Terbaik di Jakarta Film Week 2022,Ini Sinopsis Film Mencuri Rade saleh
Raih Penghargaan Film Panjang Indonesia Terbaik di Jakarta Film Week 2022,Ini Sinopsis Film Mencuri Rade saleh /Tangkapan Layar Instagram
 
 
BERITA KBB - Film Mencuri Raden Saleh karya Angga Dwimas Sasongko, raih penghargaan di Jakarta Film Week 2022. Dalam acara tersebut, Mencuri Raden Saleh memenangkan kategori Film Panjang Indonesia Terbaik (Direction Award).
 
Tak hanya itu, film yang dibintangi oleh Angga Yunanda, Iqbaal Ramadhan, hingga Ari Irham ini diharapkan menjadi standar baru di perfilman Indonesia. Berikut selengkapnya.
 
Wilza Lubis, salah satu juri Jakarta Film Week menjelaskan alasan Mencuri Raden Saleh sebagai Film Panjang Indonesia Terbaik di Jakarta Film 2022. 
 
 
Hal tersebut karena film produksi Visinema Pictures ini berhasil jadi standar baru di perfilman Indonesia.
 
"Alasan kami memilih film ini karena kami merasa film ini merupakan simbol progresivitas perfilman nasional. Film ini berhasil memadukan seluruh elemen dengan baik. Selain itu, film ini juga berhasil menjadi standar baru bagi film nasional," ucap Wilza.
 
Ditonton lebih dari 3,4 juta penonton, ternyata penghargaan ini merupakan yang pertama bagi film Mencuri Raden Saleh
 
"Film Mencuri Raden Saleh meraih penghargaan pertamanya pada @jakartafilmweek 2022 kategori Film Panjang Indonesia Terbaik (Direction Award)," tulis akun Instagram @mencuriradensalehfilm.
 
Cristian Imanuell selaku produser mewakili tim produksi, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak. Khususnya, untuk seluruh kru, cast, dan tim marketing, yang telah berkerja keras untuk film ini.
 
"Saya mewakili sang sutradara, Mas Angga Dwimas Sasongko, seluruh kru, cast, tim distribusi serta marketing yang telah mencurahkan hatinya untuk Mencuri Raden Saleh mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan," ucap Cristian.
 
Ia pun berharap semoga penghargaan ini menjadi semangat para tim, untuk membuat karya yang lebih baik lagi.
 
"Semoga kemenangan ini bisa menjadi pertanda bahwa di masa mendatang, kita bisa menghasilkan karya - karya film yang lebih baik lagi." imbuhnya lagi.
 
Penghargaan pertama yang didapat Mencuri Raden Saleh, mendapat sambutan meriah dari netizen. 
 
Tak sedikit juga yang berharap agar film yang dibintangi Angga Yunanda ini bisa dapat penghargaan lain, salah satunya Festival Film Indonesia atau Piala Citra.
 
"Alhamdulillah ...congratulation #MencuriRadenSaleh team ..selamat pak @anggasasongko .. permulaan yg best untuk langkah selanjutnya .. go to FFI ...," tulis netizen.
 
Aghniny Haque salah satu pemain Mencuri Raden Saleh mengaku bangga akan filmnya yang diterima sama masyarakat. 
 
Ia merasakan senang, haru, sekaligus bangga. Apalagi, kini Mencuri Raden Saleh bisa mengukir prestasi.
 
"Ada senangnya, ada harunya, tapi juga bangga gitu. Karena film MRS bisa diterima sama penonton - penonton," ucap Aghniny.
 
Mencuri Raden Saleh menyuguhkan sebuah cerita bertema heist alias perampokan yang sangat jarang diangkat di perfilman Indonesia. 
 
Sinopsis film Mencuri Raden Saleh
 
Mencuri Raden Saleh berfokus pada seorang mahasiswa jurusan seni rupa bernama Piko (Iqbaal Ramadhan). 
 
Dikisahkan bahwa dirinya kerap mencari uang dengan memalsukan lukisan - lukisan karya tokoh terkenal. 
 
 
Bukan tanpa alasan ia terlibat dalam praktik nakal tersebut. Piko melakukannya demi membebaskan sang ayah dari penjara.
 
Di suatu hari, tiba-tiba saja ia mendapatkan tantangan yang besar. Tantangannya bukan memalsukan, melainkan mencuri sebuah karya dari seorang maestro besar Tanah Air, Raden Saleh. Imbalan dari tawaran ini juga tak sedikit, yakni mencapai berjuta-juta rupiah.
 
Piko sebenarnya tahu bahwa misi pencurian tersebut tidak akan berjalan mudah, terlebih karena lukisan yang hendak dicuri berada di Istana Negara dengan penjagaan yang begitu ketat. Namun, setelah pertimbangan yang matang, ia pun menerima tawaran tersebut.
 
Dalam menjalankan aksinya, Piko membentuk sebuah tim yang beranggotakan Ucup (Angga Yunanda), seorang hacker, Tuktuk (Ari Irham), pembalap liar, Gofar (Umay Shahab), seorang mekanik, Fella (Rachel Amanda), bandar judi kampus, dan Sarah (Aghniny Haque), atlet bela diri.
 
Meskipun sudah membentuk tim yang cukup solid, banyak rintangan yang menghadang mereka berenam. 
 
Belum lagi risiko dari aksi pencurian tersebut yang mampu berdampak pada persahabatan hingga keluarga mereka. Akankah Piko dan teman - teman berhasil menjalankan misi mereka itu? Penasaran? Yuk nonton!.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x