Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Melakukan Pertemuan Bilateral Dengan Tiga Menkeu Bahas Krisis Pangan

- 16 Juli 2022, 17:14 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Keuangan Australia Jim Chalmers
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Keuangan Australia Jim Chalmers /Kemenkeu/
 
 
 
BERITA KBB - Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati melakukan pertemuan bilateral dengan tiga Menkeu anggota G20 di sela acara FMBCG Meeting G20. Mereka adalah Menkeu India Nirmala Sitharaman, Menkeu Australia, Jim Chalmers dan Menkeu United Kingdom atau Inggris Raya, Nadhim Zahawi
 
Pada pertemuan tersebut, Sri Mulyani membahas isu-isu strategis seperti krisis pangan akibat kondisi geopolitik, ketersediaan vaksinasi COVID-19 dan penerapan mekanisme transisi energy transition ,echanism (ETM).
 
"Demi mendukung keuangan berkelanjutan, penguatan ekonomi Kawasan Asia, penguatan sumber daya manusia, serta Presidensi G20 Indonesia," kata Sri Mulyani dalam keterangannya, Sabtu 16 Juli 2022.
 
 
Dalam diskusi itu, krisis pangan menjadi salah satu utama yang dibahas antara Sri Mulyani, Menkeu India, dan Menkeu Australia. Di mana didiskusikan tantangan terhadap pemulihan yang belum selesai, antara lain krisis pangan yang terjadi akibat tensi geopolitik yang belum mereda.
 
Nirmala menjelaskan, dari hal itu, kawasan yang paling merasakan dampak signifikan adalah kawasan Afrika. Itu karena ketergantungan negara-negara Afrika pada Ukraina sebagai pemasok bahan pangan di negaranya.
 
Karena itu, Nirmala meminta, perlunya pembahasan oleh para pemimpin dunia secara mendalam. 
 
 
Sri Mulyani menanggapi dan mengatakan, Indonesia dalam hal ini telah melakukan diskusi isu ketahanan pangan melalui seminar mengenai Food Insecurity pada FMCBG ketiga 2022 dan harus diikuti kerja sama lebih konkret.
 
"Hal ini harus diikuti dengan kerja sama yang lebih konkret khususnya untuk ketersediaan dan harga pangan." Tuturnya
 
***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x