Kunjungan Dadakan Joe Biden ke Ukraina Tunjukkan Dukungan Penuh AS?

- 20 Februari 2023, 23:15 WIB
Presiden AS Joe Biden. Kunjungan Dadakan Joe Biden ke Ukraina Tunjukkan Dukungan Penuh AS?
Presiden AS Joe Biden. Kunjungan Dadakan Joe Biden ke Ukraina Tunjukkan Dukungan Penuh AS? /REUTERS/Leah Millis

 

Berita KBB – Walikota Kyiv Vitali Klitschko mengatakan kunjungan mendadak Presiden AS Joe Biden ke Kyiv, Ukraina pada Senin (20/2) menjadi kunjungan “penting” dan “simbolis”. Ini menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa Amerika Serikat mendukung Ukraina, ujarnya.

Di sisi lain, Presiden AS itu menentang ancaman serangan rudal Rusia dan mengumumkan pasokan senjata tambahan AS sebagai tanda peringatan suram invasi Rusia.

Diketahui Biden telah memberi bantuan tambahan berupa setengah miliar dolar (€468 juta) selama perjalanan, termasuk amunisi dan howitzer, tidak termasuk rudal jarak jauh atau jet tempur. AS sejauh ini memang menolak untuk mengirimkan jet tempur.

Namun, rencana ini tetap mengukuhkan kembali tekad AS untuk mendukung penuh Ukraina dalam perang yang berkecamuk.

Baca Juga: Susul Android, iPhone Sudah Bisa Video Call Picture-In-Picture di WhatsApp, Begini Cara Menggunakannya

Biden menuliskan sebuah tweet yang berbunyi,

“Saat dunia bersiap untuk memperingati satu tahun invasi brutal Rusia ke Ukraina, saya berada di Kyiv hari ini untuk bertemu dengan Presiden Zelenskyy dan menegaskan kembali komitmen kami yang tak tergoyahkan dan tak kunjung padam terhadap demokrasi, kedaulatan, dan integritas teritorial Ukraina.”

DIkelilingi oleh pengamanan ketat dan dikawal oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, keduanya berjalan-jalan di sekitar Kyiv. Zelensky mengatakan negosiasi yang terlibat sangat bermanfaat dan membuahkan hasil.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x