Resmi Diusung PDIP Jadi Capres RI di Pilpres 2024, Inilah Profil dan Biodata Ganjar Pranowo!

- 21 April 2023, 16:00 WIB
Resmi Diusung PDIP Jadi Capres RI di Pilpres 2024, Inilah Profil dan Biodata Ganjar Pranowo!
Resmi Diusung PDIP Jadi Capres RI di Pilpres 2024, Inilah Profil dan Biodata Ganjar Pranowo! /PDIP
 
BERITA KBB -  Menjadi sebagai gubernur provinsi Jawa Tengah, yang berpenduduk lebih dari 34 juta jiwa, merupakan tanggung jawab dan amanat yang besar.
 
Pemimpin Jawa Tengah harus memahami masalah daerahnya, mengusulkan solusi dan bertindak untuk memecahkan masalah, dan mengatur pemerintahan dengan baik.
 
Tanggung jawab ini tentu tidak mudah, namun pasti bisa dipenuhi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sudah menjabat di posisi ini selama dua periode.
 
 
Pada hari Jumat, 21 April 2023, PDIP resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden Republik Indonesia pada Pemilu 2024 mendatang.
 
Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi Presiden Joko Widodo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Pramono Anung, Olly Dondokambey. 
 
Ganjar Pranowo lahir pada tanggal 23 Oktober 1968, salah satu kader PDI - Perjuangan pimpinan Megawati Soekarno Putri.
 
 
Lahir di Gunung Lawu, Karang Anyar merupakan anak kelima dari enam bersaudara.
 
Ganjar adalah seorang anak yang lahir dari keluarga sederhana di sebuah desa. Ayahnya bernama S. Pamudji yang merupakan seorang polisi, Ganjar lahir dari seorang ibu bernama Sri Suparni. Ganjar lulus dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. 
 
Beliau juga pernah menjadi ketua forum alumni atau KAGAMA (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) dari tahun 2014 hingga 2019.
 
Ganjar Pranowo sendiri juga aktif mengikuti berbagai kegiatan dan organisasi selama kuliah.
 
Di kampus UGM, Ganjar terlibat dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).
 
 
Sebelum Ganjar Pranowo menjadi gubernur Jawa Tengah, ia menjabat selama dua periode di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai PDI Perjuangan. Yakni, pada periode ‪2004-2009‬, juga ‪2009-2013‬
 
Pada 2013, Ganjar mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Tengah. Dia naik ke posisi calon gubernur dari partai PDI - Perjuangan.
 
Dan tahun ini, ia juga berhasil meraih suara dan duduk di posisi 1 Jawa Tengah.
 
Setelah masa jabatan pertamanya sebagai gubernur Jawa Tengah berakhir pada 2018, ia melanjutkan sebagai calon gubernur Jawa Tengah ‪2018-2023‬.
 
Pada pemilihan parlemen 2018, ia berhasil merebut kembali jabatan Gubernur Jawa Tengah. Sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memiliki gaya kepemimpinan tersendiri.
 
Ia dikenal sebagai sosok yang percaya diri dan tanggap serta aktif menggunakan media sosialnya untuk mendengarkan berbagai keluhan, keluhan, kritik dan saran dari masyarakat serta meminta masyarakat setempat untuk segera mengambil tindakan.
 
Bahkan, dia mengimbau pemerintah daerah untuk aktif di jejaring sosial agar bisa menanggapi tindakan dan mendengarkan berbagai keluhan, kritik dan saran serta memahami dan mengetahui informasi daerahnya saat itu.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x