2 Oktober Hari Anti Kekerasan Sedunia, Berikut 10 Kutipan Terkenal Mahatma Gandhi Tentang Cinta dan Perdamaian

- 2 Oktober 2023, 23:25 WIB
Mahatma Gandhi termasuk orang yang lahir pada Januari. Dia terkenal sebagai guru spiritual dan pejuang kemerdekaan India.
Mahatma Gandhi termasuk orang yang lahir pada Januari. Dia terkenal sebagai guru spiritual dan pejuang kemerdekaan India. /YouTube/Biography/

Berita KBB - Selain memperingati Hari Batik Nasional di Indonesia, tanggal 2 Oktober secara internasional juga bertepatan dengan momentum Hari Hewan Ternak Sedunia dan Hari Anti Kekerasan Sedunia.

 

Dilansir laman resmi PBB, Hari Antikekerasan Sedunia diperingati setiap 2 Oktober untuk menghormati tokoh pejuang nasionalis India, Mohandas Karamchand Gandhi atau dikenal dengan Mahatma Gandhi, yang mana tanggal tersebut merupakan hari lahirnya.

 

Hari Antikekerasan Sedunia 2 Oktober mulai diperingati pada 2007 melalui Resolusi Dewan Jenderal PBB pada 5 Juni 2007. Momentum ini bertujuan menyebarkan pesan anti kekerasan melalui edukasi dan kesadaran masyarakat.

 

Resolusi Dewan Jenderal PBB yang menetapkan Hari Anti Kekerasan Sedunia 2 Oktober ini mengamini prinsip anti kekerasan dan keinginan untuk menciptakan budaya damai, penuh rasa toleransi, dan tanpa kekerasan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Meresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Ternyata Ini Singkatan 'WHOOSH'

Sosok Mahatma Gandhi yang merupakan bapak bangsa India ini memang dikenal dengan pendekatannya terhadap cara tanpa kekerasan, perdamaian dan ketidakpatuhan sipil ketika berjuang memerdekakan bangsanya dari kolonial Inggris.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x