Hari Arsitektur Sedunia: Mengapresiasi Karya-Karya Arsitektur yang Mengubah Dunia

- 2 Oktober 2023, 18:05 WIB
Hari Arsitektur Sedunia: Mengapresiasi Karya-Karya Arsitektur yang Mengubah Dunia
Hari Arsitektur Sedunia: Mengapresiasi Karya-Karya Arsitektur yang Mengubah Dunia /

 

 

BERITA KBB - Hari Arsitektur Sedunia adalah sebuah peringatan yang ditetapkan oleh Union Internationale des Architectes (UIA) pada tahun 2005 untuk memberi penghormatan kepada industri arsitektur dan peran pentingnya dalam menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik bagi manusia. Hari ini diperingati setiap Senin pertama di bulan Oktober, yang tahun ini jatuh pada tanggal 2 Oktober 2023. Hari ini juga dirayakan bersamaan dengan Hari Habitat Sedunia, yang merupakan inisiatif Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk meningkatkan kesadaran tentang kondisi permukiman manusia dan tantangan pembangunan berkelanjutan.

Arsitektur adalah seni dan ilmu merancang bangunan dan struktur lainnya yang memiliki fungsi, estetika, dan keberlanjutan. Arsitektur sangat mempengaruhi kualitas hidup manusia, baik secara fisik, sosial, maupun budaya. Arsitektur juga mencerminkan nilai-nilai, aspirasi, dan identitas suatu masyarakat. Oleh karena itu, arsitektur tidak hanya sekedar menciptakan ruang, tetapi juga membangun makna.

Sejarah arsitektur dimulai sejak zaman prasejarah, ketika manusia mulai membuat tempat tinggal sederhana dari bahan-bahan alam seperti kayu, batu, tanah liat, dan kulit binatang. Seiring dengan perkembangan peradaban, arsitektur semakin berkembang dan bervariasi sesuai dengan kebutuhan, teknologi, iklim, geografi, agama, politik, dan seni dari berbagai bangsa dan budaya di dunia. Beberapa contoh arsitektur klasik yang terkenal antara lain Piramida Mesir, Parthenon Yunani, Colosseum Romawi, Taj Mahal India, Tembok Besar China, Angkor Wat Kamboja, dan Masjidil Haram Arab Saudi.

 Baca Juga: 200 Pengemudi Ojek Online Mendapatkan Pemeriksaan Kesehatan Gratis dari Jaringan Rakyat Untuk Ganjar Jabar

Di era modern, arsitektur semakin menunjukkan kemajuan dan inovasi yang luar biasa dalam hal desain, material, konstruksi, dan fungsi. Arsitektur modern tidak hanya mengejar keindahan dan kenyamanan, tetapi juga keefisienan dan keberlanjutan. Arsitektur modern juga mencerminkan tantangan dan isu-isu global yang dihadapi oleh manusia di abad ke-21, seperti perubahan iklim, urbanisasi, globalisasi, digitalisasi, dan kesehatan. Beberapa contoh arsitektur modern yang cemerlang antara lain Perot Museum of Nature and Science di Dallas, The Shard di London, Linked Hybrid di Beijing, Gardens by the Bay di Singapura, Burj Khalifa di Dubai, dan Harpa Concert Hall and Conference Centre di Reykjavik.

 Baca Juga: Hari Vegetarian Sedunia 2023: Apa Manfaat dan Jenisnya?

Untuk merayakan Hari Arsitektur Sedunia, kita dapat meluangkan waktu untuk mempelajari dan mengapresiasi karya-karya arsitektur yang ada di sekitar kita maupun di seluruh dunia. Kita juga dapat mencari tahu apakah ada kegiatan atau acara yang diselenggarakan oleh organisasi-organisasi arsitektur profesional atau akademik di daerah kita atau secara daring. Kegiatan atau acara tersebut biasanya berupa pameran, diskusi panel, konferensi, seminar, workshop, kompetisi, atau festival yang mengangkat tema-tema terkait arsitektur. Selain itu, kita juga dapat berpartisipasi dalam gerakan sosial yang mendukung pembangunan arsitektur yang ramah lingkungan dan inklusif bagi semua orang.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x