Panglima TNI: Pasukan Perdamaian Sudah Disiapkan untuk di Tempatkan di Gaza

- 8 Juni 2024, 07:29 WIB
Panglima TNI Agus Subiyanto menyampaikan bahwa personel dan materil sudah dilengkapi, namun dari kebutuhan administrasi masih terdapat beberapa hal yang akan ditindaklanjuti.
Panglima TNI Agus Subiyanto menyampaikan bahwa personel dan materil sudah dilengkapi, namun dari kebutuhan administrasi masih terdapat beberapa hal yang akan ditindaklanjuti. //PMJ Mdws

BERITA KBB - TNI siap menempatkan pasukan perdamaian dunia di Jalur Gaza, Palestina jika mendapat mandat dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Hal itu dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di depan Komisi I DPR RI di Kamis 6 Juni 2024 dan melalui siaran pers Puspen TNI.

Agus mengungkapkan, akan menyiapkan Brigade Komposit yang terdiri dari Batalyon Suport, Batalyon Kesehatan, Batalyon Zeni, dan Batalyon Perbekalan. Serta dua unit kapal rumah sakit yang dilengkapi dengan dokter, perawat serta peralatan kesehatan, rumah sakit lapangan serta dua unit Helikopter TNI AU dalam misi ini.

"Kapal yang disiapkan adalah KRI dr. Radjiman dan KRI dr. Soeharso, karena kedua kapal tersebut mampu memberikan perawatan bagi masyarakat yang terdampak konflik," kata Agus.

Baca juga: Prabowo: Apabila Diminta PBB, Indonesia siap mengirimkan pasukan perdamaian ke Gaza

"Sedangkan Batalyon Zeni mampu merehabilitasi konstruksi bangunan, Batalyon Perbekalan mampu membuat dapur umum dan Batalyon Suport disiapkan untuk melakukan pengamanan," ujarnya.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa personel dan materil sudah dilengkapi, namun dari kebutuhan administrasi masih terdapat beberapa hal yang akan ditindaklanjuti. Untuk itu, TNI telah melakukan rapat koordinasi dengan beberapa Kementerian seperti Kemhan, Kemlu, Kemenkes untuk menindaklanjutinya.

"Kehadiran TNI memberikan manfaat bagi Indonesia, yaitu pengakuan internasional berupa kontribusi dalam pasukan penjaga perdamaian. Ini juga merupakan wujud dari penguatan diplomasi sesuai dalam Pokok Pokok Kebijakan Panglima TNI 2024 yaitu TNI yang PRIMA," ucapnya menadaskan.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto menyatakan Indonesia akan terus berupaya untuk memberikan bantuan ke Gaza, dan jika diperlukan dan diminta oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengirimkan pasukan penjaga perdamaian.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: PMJ News Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah