Prabowo: Indonesia Dukung Usulan Gencatan senjata di Gaza

- 12 Juni 2024, 21:13 WIB
Menhan RI Prabowo Subianto, saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) H.E. Mr. Antony John Blinken, di Amman, Yordania, Selasa 11 Juni 2024.
Menhan RI Prabowo Subianto, saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) H.E. Mr. Antony John Blinken, di Amman, Yordania, Selasa 11 Juni 2024. //Kemenhan

BERITA KBB - Indonesia siap bekerja sama dengan Amerika, Mesir, dan Qatar untuk memastikan perundingan tetap berjalan serta mewujudkan gencatan senjata permanen dan perdamaian yang adil dan abadi di Palestina.

Hal itu dikatakan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto, saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) H.E. Mr. Antony John Blinken, di Amman, Yordania, Selasa 11 Juni 2024.

Setelah berbicara di konferensi tingkat tinggi Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza” (“Seruan untuk Bertindak: Tanggap Darurat Kemanusiaan untuk Gaza”), Prabowo dalam kesempatan itu menyatakan Indonesia menyambut baik diadopsinya Resolusi DK PBB 2735 yang diusulkan Presiden AS Biden dengan proposal tiga fase untuk gencatan senjata permanen di Gaza.

Indonesia juga mengapresiasi upaya mediasi yang dilakukan AS, Mesir, dan Qatar.

Dukungan internasional, menurut Prabowo diperlukan bagi Palestina untuk mewujudkan status kenegaraan dan pembangunan bangsanya, termasuk memperkuat pemerintahannya, memberikan bantuan untuk pemulihan, dan menuju keanggotaannya di PBB.

Baca juga: Prabowo: Apabila Diminta PBB, Indonesia siap mengirimkan pasukan perdamaian ke Gaza

Sementara itu, Menlu Blinken berterima kasih atas dukungan Indonesia terhadap proposal gencatan senjata tersebut dan menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat untuk melaksanakan Kemitraan Strategis Komprehensif AS-Indonesia.

“Terima kasih kepada Menteri Pertahanan atas dukungan Indonesia terhadap usulan untuk segera mencapai gencatan senjata di Gaza dan menjamin pembebasan semua sandera,” kata Menlu Blinken.

Kemerdekaan Palestina Solusi Riil Konflik Gaza

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: Kemenhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah