Uu Ruzhanul Minta APDESI Pecut Kemajuan 5.312 Desa di Jabar

- 1 Januari 2021, 10:20 WIB
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara "Ngobrol Santai dan Evaluasi Akhir Tahun" bersama DPD APDESI Jabar di Saung Budaya Ciburial, Kabupaten Garut, Kamis 31 Desember 2020
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara "Ngobrol Santai dan Evaluasi Akhir Tahun" bersama DPD APDESI Jabar di Saung Budaya Ciburial, Kabupaten Garut, Kamis 31 Desember 2020 /Humas Jabar

BERITA KBB - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara "Ngobrol Santai dan Evaluasi Akhir Tahun" bersama Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Jabar di Saung Budaya Ciburial, Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Kamis 31 Desember 2020.

Dalam acara tersebut, Uu berharap APDESI Jabar bisa turut serta mendorong potensi 5.312 desa yang ada di Jabar.

Uu pun meminta APDESI Jabar untuk meningkatkan peran edukasi dalam rangka peningkatan kapasitas para kepala desa se-Jabar.

Baca Juga: Gubernur Lantik Pejabat, Ikuti Pedoman Nomenklatur Sesuai Permendagri 56/2019

"Maka APDESI adalah corong dari desa itu sendiri, APDESI tugasnya mengawal kinerja kepala desa itu sendiri," ucap Uu.

"Jika ada kepala desa yang lelet, APDESI bisa bantu mengingatkan. Jika di suatu desa tidak ada pembangunan atau tidak ada kemajuan, maka APDESI harus memecut agar desa itu maju," tambahnya.

Selain itu, Uu mengapresiasi APDESI yang telah menjalankan peran sebagai mediator yang menghubungkan pemerintah desa dan pemerintah provinsi.

Baca Juga: Mengejutkan! Polisi Malaysia Tangkap Pelaku Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Ini Sosoknya

Ia menilai, tata kelola pemerintahan yang baik juga perlu dimiliki setiap desa. Harapannya, dengan manajemen yang baik, desa mampu menjawab tantangan zaman.

Selain itu, APDESI Jabar juga harus mampu mengawal dan memastikan bahwa program pemerintah betul-betul dirasakan oleh masyarakat.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah