GURU Pesantren di Bandung Perkosa Santriwatinya, Ini Tanggapan Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat

- 9 Desember 2021, 12:10 WIB
GURU Pesantren di Bandung Perkosa Santriwatinya, Ini Tanggapan Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat
GURU Pesantren di Bandung Perkosa Santriwatinya, Ini Tanggapan Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat /Muhamad Bagja/PR Bekasi

BERITA KBB - Ridwan Kamil menanggapi kasus pemerkosaan santriwati yang dilakukan oleh oknum guru di Bandung.

Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil merespon pemberitaan kasus pemerkosaan oknum guru pesantren terhadap santriwati lewat Instagram miliknya.

Dalam hal tersebut, Ridwan Kamil sebagai orang nomor orang satu di Jawa Barat melakukan sejumlah kebijakan terkait kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh oknum guru di pesantren Bandung terhadap santrinya.

Baca Juga: Tidak Disangka Aksi Pemerkosaan HW Terhadap Belasan Santriwati Terungkap Sejak … …

Ridwan Kamil menyampaikan bahwa pelaku pemerkosaan santriwati di pesantren Bandung tersebut telah ditangkap dan sudah masuk proses persidangan.

Pesantren tempat pelaku melakukan aksi pelecehan seksual tersebut juga telah ditutup.

"Pelaku sudah ditangkap polisi dan sedang diadili di pengadilan. Tempat bersekolahnya sudah langsung ditutup. Semoga pengadilan bisa menghukum seberat-beratnya dengan pasal sebanyak-banyaknya kepada pelaku yang biadab dan tidak bermoral ini," tulis Ridwan Kamil di Instagram miliknya dikutip BERITA KBB.

Baca Juga: Inikah Hukuman yang Akan Dijalani HW Atas Aksi Bejat Perkosa Belasan Santriwati

Selain itu para korban juga telah mendapatkan pendampingan oleh tim DP3AKB Jabar untuk dilakukan trauma healing.

"Anak-anak santriwati yang menjadi korban, sudah dan sedang diurus oleh tim DP3AKB provinsi Jawa Barat untuk trauma healing dan disiapkan pola pendidikan baru sesuai hak tumbuh kembangnya," ujar Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat itu juga meminta kepada seluruh forum institusi pendidikan/pesantren agar melaporkan jika melihat kejanggalan terhadap preses pendidikan suatu lembaga.

Baca Juga: CABULI Belasan Santrinya Hingga Hamil, Ini Janji Manis Guru Sekaligus Pemilik Pondok Pesantren di Cibiru

"Meminta forum institusi pendidikan/forum pesantren untuk saling mengingatkan jika ada praktik-praktik pendidikan yang di luar kewajaran," pintanya.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil juga meminta kepada aparat setempat untuk senantiasa memonitoring kegiatan masyarakat di wilayah masing-masing.

"Juga agar aparat setempat di level desa/kelurahan agar selalu memonitor setiap kegiatan publik yang berada di wilayah kewenangannya," ujarnya dalam postingan tersebut.

Baca Juga: Heboh Kasus Pelecehan Seksual Dilakukan HW Pengasuh Ponpes di Cibiru Bandung, Ridwan Kamil Angkat Bicara

Ridwan Kamil juga berpesan kepada orangtua agar senantiasa melakukan monitoring terhadap pendidikan yang menggunakan asrama.

"Kepada para orang tua, diminta rajin dan rutin memonitor situasi pendidikan anak-anaknya di sekolah berasrama, sehingga selalu up to date terkait keseharian anak-anaknya," tukas Ridwan Kamil.

Di akhir tanggapannya itu, Ridwan Kamil berharap agar para korban mendapatkan keadilan setinggi-tinggi serta tidak terjadi lagi peristiwa semacam ini.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Instagram@ridwankamil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x