Resmikan Sekretariat Pokja Bunda PAUD Kuningan, Atalia Harap Semakin Banyak Anak Sekolah PAUD

- 26 Januari 2022, 22:49 WIB
Bunda PAUD Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil saat meresmikan Sekretariat Pokja Bunda PAUD Kabupaten Kuningan di Kuningan, Jawa Barat, Rabu (26/1/2022).
Bunda PAUD Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil saat meresmikan Sekretariat Pokja Bunda PAUD Kabupaten Kuningan di Kuningan, Jawa Barat, Rabu (26/1/2022). /Rizal FS/Biro Adpim Jabar/

BERITA KBB - Peran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk masa depan anak-anak Jawa Barat. Anak-anak bisa mendapatkan pendidikan yang tepat untuk mengembangkan potensi diri sejak dini.

Oleh karena itu, perlu adanya dorongan agar lebih banyak orang tua yang menitipkan anaknya ke PAUD. Pasalnya, Angka Partisipasi Kasar (APK) di Jawa Barat masih relatif rendah dibandingkan dengan beberapa provinsi di Pulau Jawa lainnya.

Hal ini dikatakan Bunda PAUD Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil saat meresmikan Sekretariat Pokja Bunda PAUD Kabupaten Kuningan di Kuningan, Jawa Barat, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga: Penting untuk Menyongsong Masa Depan Anak Bangsa, Jabar Dorong 11 Daerah Bentuk Pokja Paud

"Terkait dengan PAUD, saya ada kegelisahan terkait dengan bagaimana saat ini pekerjaan rumah (PR) kita masih sangat banyak terkait dengan bagaimana APK kita agar bisa meningkat. Jadi, PR kita adalah bagaimana supaya APK itu anak-anak yang mau bersekolah di PAUD," kata Atalia.

Menurut Atalia, periode usia 0-10 tahun merupakan masa tumbuh kembang anak dari sisi fisik maupun otak. Maka agar bisa berkembang dengan baik, perlu diasah secara rutin.

Khusus anak-anak usia dini, cara pengajarannya pun cukup unik. Karena anak-anak usia dini harus diberikan pembelajaran yang menarik dengan cara bermain sambil belajar.

Baca Juga: Jadwal Belajar Dari Rumah untuk PAUD-SD, Program Kemdikbud di TVRI, Kamis 18 Maret 2021

"Kita tahu bahwa anak itu memiliki hal yang unik. Mereka ini suka meniru, mereka ini selalu ingin tahu, mereka ini spontan, mereka ini selalu ingin mencoba," kata Atalia.

"Dan bagaimana melatih cara mereka bergaul, bermain itu di dalamnya tentu harus kreatif. Ini membuat mereka menjadi jangka panjang," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah