Pemprov Jabar Akan Bangun Kembali 43 Jembatan Terdampak Banjir Bandang di Garut

- 22 Juli 2022, 21:58 WIB

BERITA KBB - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan membangun kembali jembatan di 43 titik di Kabupaten Garut yang hancur pasca bencana banjir bandang beberapa waktu lalu.

Untuk mengaktivasi kembali kegiatan warga yang terdampak banjir bandang, Ridwan Kamil meninjau langsung kondisi pasca banjir di Kampung Tegal Kalapa, Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.

Ketika di lokasi, Ridwan Kamil sempat menyeberangi Sungai Ciwalen menggunakan perahu untuk menemui warga.

Baca Juga: Ikan Arapaima Ditemukan di Garut Seusai Banjir, Ternyata Ini Harganya!

"Ini adalah satu titik dari 43 titik yang jembatannya hancur. Pemda Provinsi Jabar akan membantu, khusus di titik ini dalam empat hari akan selesai jembatan sementara," kata Ridwan Kamil di Garut, Kamis (21/07/2022).

"Menunggu empat hari saya sudah tugaskan Forkopimda agar relawan bisa menyeberangkan anak-anak naik perahu seperti yang saya lakukan barusan," imbuhnya.

Pembangunan jembatan akan rampung dalam kurun waktu 3-4 bulan. Menurut kajian yang diterima Ridwan Kamil, nantinya jembatan akan dibangun lebih tinggi dua meter.

Baca Juga: Tiga Kecamatan di Bekasi Terendam Banjir Setinggi Dada Orang Dewasa, Kini Berangsur Surut

"Setelah empat hari, sekitar 3-4 bulan jembatan permanennya akan diselesaikan dengan dinaikan ketinggian karena hasil kajiannya ternyata ada kenaikan level banjir, sehingga perlu ditinggikan minimal dua meter," ungkap pria yang kerap disapa Kang Emil.

"Selain di titik ini, ada 40 lagi jembatan lainnya di Garut. Insyaallah kami bantu, hanya lagi dipikirkan pula oleh Pak Bupati dan Wakil Bupati agar dikerjakan serempak karena kalau satu-satu pengerjaannya akan lama," tambahnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah