Pedagang Daging Ayam di Pasar Tradisional Kota Cimahi Mengeluh, Begini Penyebabnya

- 28 September 2022, 21:53 WIB
Pedagang Daging Ayam di Pasar Tradisional Kota Cimahi Mengeluh, Begini Penyebabnya
Pedagang Daging Ayam di Pasar Tradisional Kota Cimahi Mengeluh, Begini Penyebabnya /

Berita KBB - Para pedagang daging ayam di pasar tradisional di Kota Cimahi mengeluhkan keberadaan pedagang liar di pinggir jalan yang menjual dagingnya tidak sesuai harga di pasaran.

Akibatnya, pembeli yang biasanya ke pasar tradisional kini beralih membeli ayam di kepada pedagang liar karena mereka memaptok hargaebih murah. 

Harga daging ayam di pasar tradisional kini dijual Rp 32 ribu per kilogram. Sementara di pedagang liar berani banting harga lebih murah.

Baca Juga: Tiga Unit Damkar Rusak, Pemkab Bandung Barat Bakal Beli Unit Baru Armada Damkar, Segini Anggarannya

"Selisihnya itu bisa Rp 2-3 ribu, jadi mereka itu banting harga lebih murah. Sementara di pasar kan gak bisa seperti itu karena harus diperhitungkan semuanya," kata Muhyi Setiawan (48) salah seorang pedagang Pasar Atas Baru, Kota Cimahi pada Rabu, 28 September 2022.

Kondisi tersebut membuat penjualan dan omzet dagang Muhyi menurun. Sebelum menjamurnya pedagang liar dalam sehari ia biasanya bisa menjual 100 kilogram lebih ayam potong. Namun kini turun hingga 50 persen.

"Biasanya dulu saya habis 100 kilogram lebih setiap hari. Sekarang paling 50-60 kilogram. Minimal biasanya habis," katanya.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Bunga Pengantin' Dinyanyikan Ayu Ting Ting Hingga Menangis

Penurunan penjualan itu otomatis berpengaruh terhadap omzet yang didapatnya. Dulu biasanya Muhyi bisa mendapat Rp 4-5 juta per hari. Namun kini menurun sejak adanya pedagang ayam liar di pinggir jalan.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x