Mengintip Keunikan Hunian Sementara Program Berteduh JQR bagi Warga Terdampak Gempa Cianjur

- 19 Januari 2023, 04:30 WIB
/Istimewa/

BERITA KBB - Jabar Quick Response telah berhasil membangun hunian sementara sebanyak 20 unit untuk warga terdampak gempa Cianjur. Uniknya hunian ini memiliki bentuk segitiga yang simpel dan elegan.

Dibalik keunikan bentuknya, hunian sementara ini didesain tahan gempa yang ramah bagi warga. Bahan dan tiang bangunan terbuat dari baja ringan yang dapat dibongkar pasang.

Koordinator Unit Disaster Jabar Quick Response Syehabudin menjelaskan bahwa pembangunan hunian sementara ini merupakan salah satu dari 8 program JQR untuk fase percepatan pemulihan rehabilitas dan rekonstruksi yang diberi nama 'Berteduh' atau akronim dari Pemberian Tempat Darurat Untuk Hunian. 

Baca Juga: Lirik Lagu Mangku Purel. Mukidi – Pakdhe

Untuk tahap awal, kata Syehabudin JQR sendiri telah membangun 20 unit rumah atau hunian sementara di Kampung Surupan, Desa Sukawangi, Kecamatan Warungkondang, Kecamatan Cianjur.

"Sampai hari ini, JQR telah membangun hunian sementara percontohan di Kampung Surupan sebanyak 20 unit, ada dua tipe, yakni tipe 1 yang bisa di huni untuk 1 KK dan tipe 2 bisa dihuni untuk 2 KK, " ungkapnya.

Dari bentuk yang unik, Syehabudin menjelaskan rumah hunian sementara ini, JQR sebelumnya telah melakukan diskusi dengan pakar kegempaan mulai dari arsitekturnya dan pakar kebencanaan.

Baca Juga: Putri Candrawathi Hanya Dituntut 8 Tahun Penjara, Ibu Brigadir J Menangis Kecewa

"Bangunannya dirancang untuk tahan gempa, bentuknya itu bisa jadi rumah tumbuh, jika warga akan membangun jadi hunian tetap bisa dibangun kembali atau berlanjut, jika direlokasi juga warga bisa menggunakan bahan bangunannya karena bisa di bongkar pasang," jelasnya.

Syehabudin mengaku untuk pembangunan rumah hunian sementara ini, rencana targetnya sebanyak 1000 unit yang akan dibangun untuk warga, hal itu guna untuk proses percepatan pemulihan bagi warga terdampak gempa Cianjur.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x