Simpan Cadangan Pangan dan Stabilisasi Harga Bahan Pokok, Pemprov Jabar Miliki Pusat Distribusi Provinsi

- 26 Januari 2023, 10:20 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan gedung Pusat Distribusi Provinsi (PDP) yang berada di Jl. Raya Purwakarta-Subang KM 14, Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Rabu (25/1/2023).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan gedung Pusat Distribusi Provinsi (PDP) yang berada di Jl. Raya Purwakarta-Subang KM 14, Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Rabu (25/1/2023). /Biro Adpim Jabar/

BERITA KBB - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan gedung Pusat Distribusi Provinsi (PDP) yang berada di Jl. Raya Purwakarta-Subang KM 14, Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Rabu (25/1/2023). PDP Jabar akan menyimpan cadangan semua komoditas pangan yang jadi kebutuhan warga.

 

"Hari ini pertama di Indonesia, Jabar punya pusat distribusi provinsi, nanti semua komoditas pangan yang jadi kebutuhan warga cadangannya kita simpan di sini," ucap Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil.

 

Kang Emil menuturkan, tujuan utama PDP adalah stabilisasi harga bahan pokok dengan cara mengintervensi ketika ada kenaikan. PDP akan langsung mendistribusikan bahan pangan ke daerah di Jabar yang terjadi kenaikan harga. Dengan begitu, inflasi dapat dikendalikan.

Baca Juga: Hadiri Rakor MUI Jabar, Wagub Jabar Ajak Ulama dan Umara Harus Bersinergi

"Kalau ada kenaikan harga di pasar di wilayah Jabar, maka tim quick response-nya dari PDP langsung datang sehingga kenaikan yang tidak wajar di sebuah wilayah bisa kita intervensi," katanya. 

 

Menurut Kang Emil, sebelum ada PDP, proses intervensi terhadap kenaikan harga bahan pangan cukup rumit. Adanya PDP, proses tersebut akan lebih mudah dan cepat. Adapun untuk mengetahui harga pangan terkini, masyarakat dapat mengakses SI LINDA (Sistem Informasi Pengendalian Inflasi Daerah) Jabar yang sudah terintegrasi dengan sistem informasi harga di kabupaten/kota.

 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x