Jurnalis Senior Ungkap Rahasia Menulis Berita Lingkungan yang Menarik, Simak Disini!

- 29 Agustus 2023, 11:04 WIB
Jurnalis senior Deni Yudiawan (kedua kiri), saat mengisi materi mengenai Socio Eco Jorunalism pada acara Journalist Camp PRMN x Eiger 2023, di Sari Ater, Subang, Kamis, 24 Agustus 2023.
Jurnalis senior Deni Yudiawan (kedua kiri), saat mengisi materi mengenai Socio Eco Jorunalism pada acara Journalist Camp PRMN x Eiger 2023, di Sari Ater, Subang, Kamis, 24 Agustus 2023. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Jangan pernah menayangkan berita tanpa ada verifikasi, apalagi kejar tayang hanya ingin "dulu-duluan" dengan media lain.

Biasanya hal itu banyak dilakukan untuk mengejar jumlah pembaca dengan berita heboh yang belum jelas kebenarannya. 

Verifikasi adalah salah satu faktor penting dimana seorang jurnalis mengutamakan etika dalam memberitakan sesuatu.

Baca Juga: Hasil Liga 1 : PSM Makassar Menang Tipis Atas Persis Solo, Kenzo Nambu Jadi Pahlawan

Dengan tahap verifikasi itulah maka seorang jurnalis diharapkan mampu memenuhi pedoman pembuatan berita yang akurat dan berimbang. 

Berita yang akurat dan berimbang harus terpenuhi, terutama berita yang kandungan informasinya sangat krusial dan penting. 

Seperti yang diungkapkan oleh jurnalis senior Deni Yudiawan, saat mengisi materi mengenai Socio Eco Jorunalism pada acara Journalist Camp PRMN x Eiger 2023, di Sari Ater, Subang, Kamis, 24 Agustus 2023.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Arema FC vs Persikabo di BRI Liga 1 Sore Hari Ini

Deni mengatakan bahwa terkait etika kemanusiaan, pemberitaan itu harus melalui verifikasi terlebih dahulu terutama berita yang terkait kebencanaan. 

Selain verifikasi, Deni yang juga pengajar atau dosen di beberapa kampus Bandung itu menambahkan bahwa peliputan di kegiatan alam bebas seperti bencana juga memerlukan persiapan matang.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah