Tinjau Lokasi Tanah Longsor Kabupaten Subang, Kepala BNPB Apresiasi Warga Semakin Sadar Risiko Bencana

- 10 Januari 2024, 20:46 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto S.Sos.,M.M meninjau lokasi terdampak tanah longsor di Kampung Cipondok, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat pada Rabu (10/1/2024).
Kepala Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto S.Sos.,M.M meninjau lokasi terdampak tanah longsor di Kampung Cipondok, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat pada Rabu (10/1/2024). /istimewa/

BERITA KBB - Kepala Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto S.Sos.,M.M meninjau lokasi terdampak tanah longsor di Kampung Cipondok, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat pada Rabu (10/1/2024).

Dalam kesempatan ini, Kepala BNPB menyatakan apresiasinya kepada warga masyarakat Kampung Cipondok yang bersedia meninggalkan rumah mereka yang letaknya berdekatan dengan lokasi terjadinya tanah longsor pada Minggu (7/1/2024) lalu.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Subang, setidaknya 40 rumah warga terancam pergerakan tanah akibat kejadian tanah longsor di Desa Cipondok tersebut.

Baca Juga: Datangi Lokasi Longsor Kampung Cipondok, Bey Machmudin Sampaikan Duka Cita kepada Keluarga Korban Meninggal

"Masyarakat Subang yang terkena bencana juga meningkat kesadarannya, mereka mau meninggalkan rumah dan berada di tempat pengungsian, ada beberapa ratus orang," ujar Suharyanto.

"Walaupun secara berangsur juga berkurang, warga tidak kembali ke rumah dia sendiri karena khawatir ada longsor susulan, tapi sementara ke rumah saudara dan keluarganya yang lain", imbuhnya.

Laporan Posko Bencana Terpadu Kabupaten Subang pada hari Rabu (10/1/2024) sebanyak 138 orang warga yang terdiri dari orang dewasa, anak-anak, balita, ibu hamil, dan lansia bertahan di pengungsian di Majelis Taklim NurrusSyifa dan RA Fajrul Islam, Kecamatan Kasomalang.

Baca Juga: Pemkab KBB Tutup Lokasi Longsor di Jalan Sersan Bajuri Dengan Terpal Hingga Proses Perbaikan Dilakukan

Suharyanto menyatakan penanganan pengungsi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Subang telah berjalan dengan baik.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x