HMD 2023: Perubahan Iklim Tingkatkan Frekuensi Banjir dan Longsor, Awalnya Terjadi Setiap 50 Sampai 100 Tahun

- 23 Maret 2023, 13:33 WIB
Sejarah dan tujuan dibentuknya Hari Meteorologi Sedunia 23 Maret
Sejarah dan tujuan dibentuknya Hari Meteorologi Sedunia 23 Maret /robert_marinkovic/Pixabay

Berita KBB - Tanggal 23 Maret diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Meteorologi Dunia (HMD). Peringatan HMD ini mengacu pada konvensi meteorologi 23 Maret 1950.

Konvensi meteorologi 23 Maret 1950 tersebut merupakan rangkaian panjang dari berdirinya badan cuaca di bawah PBB yaitu Organisasi Meteorologi Dunia atau World Meteorological Organization (WMO).

Peringatan HMD 2023 yang ke-73 ini bertema "The Future of Weather, Climate, and Water Across Generations" atau "Masa Depan Cuaca, Iklim, dan Air untuk Lintas Generasi".

Baca Juga: Peringatan HMD ke-73: Perubahan Iklim Indonesia dan Global Lelehkan Salju Puncak Jaya Hingga Tersisa 1 Persen

Dalam puncak peringatan HMD 2023 di Stasiun Pemantau Atmosfer Global Bukit Kototabang, Sumatera Barat, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan, akibat perubahan iklim, gejala kekeringan dan banjir lebih sering terjadi.

Dwikorita menyebutkan, sebelumnya rentang waktu kejadian itu berkisar 50 hingga 100 tahun. Kini, rentang waktunya menjadi semakin pendek atau lebih frekuen dengan intensitas yang lebih tinggi atau durasi yang semakin panjang.

Ia memberi contoh munculnya siklon tropis Seroja yang mengakibatkan banjir bandang dan longsor di Nusa Tenggara Timur pada April 2021 lalu. Menurutnya, fenomena siklon harusnya jarang terjadi di wilayah tropis seperti Indonesia.

Baca Juga: Bangun Kawasan Alun-Alun Bandung Barat, Bupati Bandung Barat Hengky Hengky Satukan Tanah dan Air dari 165 Desa

“Fenomena siklon bisa dikatakan sangat jarang terjadi terbentuk di wilayah tropis seperti Indonesia. Namun, selama 10 tahun terakhir kejadian siklon tropis semakin sering terjadi," paparnya.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x