MUI Jabar Keluarkan Edaran Imbauan Sholat Gaib untuk Ananda Eril, Begini Tata Cara Sholatnya

- 3 Juni 2022, 09:42 WIB
MUI Jawa Barat Serukan Sholat Ghaib Untuk Eril, Ini Tata Cara, Niat, dan Bacaan Lengkap Sholat Ghaib
MUI Jawa Barat Serukan Sholat Ghaib Untuk Eril, Ini Tata Cara, Niat, dan Bacaan Lengkap Sholat Ghaib /Pixabay/mohamed_hassan
 
 
 
BERITA KBB – Selain menggelar sholat ghaib untuk putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtaz atau yang sering disebut Eril, Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jawa Barat juga untuk membuat surat edaran terbuka pada masyarakat semua untuk menggelar sholat ghaib untuk ananda Eril yang hanyut di Sungai Aare di Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022.
 
Surat edaran MUI Jawa Barat dibuat pada 2 Juni 2022 dan ditandatangani langsung oleh Ketua MUI Jawa Barat, Rahmat Syafei dan Sekretaris Umum Rafani Achyar.
 
Pada surat edaran tersebut dijelaskan bahwa berkenaan dengan musibah yang dialami oleh ananda Emmeril Kahn Mumtaz, putra Sulung dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang terjadi pada hari Kamis 26 Mei 2022 yang hingga saat ini belum ditemukan.
 
 
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat turut merasakan kesedihan yang mendalam seraya mendoakan semoga Bapak Gubernur beserta keluarga tetap diberi kekuatan dan ketabahan dalam menerima musibah ini.   
 
Berdasarkan informasi dari pihak keluarga Bapak Moch Ridwan Kamil yang disampaikan dalam  pertemuan pada hari Kamis, 2 Juni 2022 pukul ‪19.00-19.30‬ WIB di Kantor MUI Jawa Barat, diperoleh penjelasan sebagai berikut :   
 
1. Bapak Moch Ridwan Kamil beserta Istri sudah mengikhlaskan sepenuhnya dan meyakini bahwa ananda tercinta Emmeril Kahn Mumtadz sudah meninggal dunia karena tenggelam. 
 
 
 
2. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss menyampaikan bahwa pihak otoritas setempat Sudah mengubah status pencarian ananda tercinta Emmeril Kahn Mumtadz, dari yang tadinya berstatus mencari orang yang hilang (missing person) menjadi status mencari orang yang tenggelam (drowned person). Hal ini mengisyaratkan bahwa orang yang dicari dimungkinkan sudah meninggal dunia   
 
Dengan memperhatikan keterangan dan penjelasan dari pihak keluarga sebagaimana dijelaskan di atas, maka dengan memperhatikan ketentuan syar'i, Jenazah harus segera disholatkan. 
Karena jenazah tidak atau belum ditemukan maka sholat jenazah dilakukan dengan cara sholat gaib.   
 
Oleh karena Itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat menyerukan kepada seluruh masyarakat muslim untuk melakukan sholat ghaib atas almarhum Emmeril Kahn Mumtadz pada hari Jumat 3 Juni 2022 di setiap masjid atau mushala, bisa dilakukan sebelum sholat Jum'at bisa juga dilakukan bada sholat Jumat.   
 
 
 
Kepada seluruh Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten/Kota dimohon untuk meneruskan seruan ini kepada jajaran MUI di bawahnya dan kepada seluruh masyarakat muslim yang ada di wilayahnya.
 
“Demikian seruan ini kami sampaikan untuk dipedomani dan dilaksanakan sebagaimana mestinya,” bunyi edaran tersebut.  
 
Berikut ini bacaan niat serta tata cara pelaksanaan sholat ghaib.
 
Pelaksanaan sholat ghaib sama seperti tata cara shalat jenazah pada umumnya, yaitu empat kali takbir.
 
Sholat ghaib ini ditujukan untuk jenazah Muslim secara umum, jenazah tertentu, atau jenazah massal di suatu tempat.
 
Bacaan Niat Sholat Ghaib
 
Berikut ini adalah bacaan niat sholat ghaib untuk jenazah umat Islam:
 
Ushalli ‘alāl mayyitil ghā’ibi arba‘a takbīrātin fardha kifāyatin lillāhi ta‘ālā.
 
Artinya: "Aku sengaja Solat Jenazah ghaib empat takbir fardhu kifayah karena Allah SWT,"
 
Rukun Sholat Ghaib
 
Sholat jenazah memiliki rukun-rukun yang wajib dipenuhi.
Jika tidak, sholatnya batal dan tidak sah.
 
Rukun sholat ghaib ada delapan, yakni:
 
1. Niat
2. Berdiri bagi yang mampu
3. Empat kali takbir
4. Mengangkat tangan pada saat takbir pertama
5. Membaca surat Al Fatihah
6. Membaca sholawat Nabi
7. Berdoa untuk jenazah
8. Salam
 
Tata Cara Sholat Ghaib
 
1. Niat
2. Takbiratul Ihram
3. Membaca surat Al Fatihah
4. Takbir kembali dan membaca sholawat Nabi Muhammad SAW
 
Allohumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shollaita ‘alaa Ibroohiima wa ‘alaa aali Ibroohim, innaka hamiidum majiid. Allohumma baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa Ibroohiima wa ‘alaa aali Ibroohim, innaka hamiidum majiid
 
5. Takbir ketiga, kemudian membaca doa untuk jenazah.
 
Di antaranya sebagaimana diriwayatkan Imam Muslim dalam Shahih-nya:
 
Allohummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wawassi’ mudkholahu waghsilhu bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihi minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wa zaujan khoiron min zaujihi wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzaabin qobri au min ‘adzaabin naar
 
Artinya: Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia. Luaskanlah kuburnya dan mandikanlah ia dengan air, salju dan embun. Sucikan ia dari seluruh kesalahan seperti dibersihkannya kain putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Lalu masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari cobaan kubur dan azab neraka.
 
Untuk jenazah perempuan, doa tersebut menjadi:
 
Allohummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anhaa wa akrim nuzulahaa wawassi’ mudkholahaa waghsilhaa bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihaa minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhaa daaron khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa wa zaujan khoiron min zaujihaa wa adkhilhal jannata wa a’idzhaa min ‘adzaabin qobri au min ‘adzaabin naar
 
Boleh juga membaca doa yang lebih singkat:
 
Allohummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu
 
Artinya: Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia.
 
Untuk jenazah perempuan, doa singkat tersebut menjadi:
 
Allohummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anhaa
 
6. Setelah takbir keempat boleh langsung salam atau boleh membaca doa pendek.
 
Allahumma laa tahrimnaa ajrahu walaa taftinnaa ba'dahu waghfirlanaa walahu
 
Artinya:
Ya Allah jangan halangi kami pada pahalanya dan jangan Kau jadikan ujian atau cobaan bagi kami sepeninggalnya dan ampunilah kami dan dia.
 
Shalat jenazah ditutup dengan salam. Salam shalat jenazah mustahab (terpuji) hukum ya menyempurnakan salam sampai ujung.
 
Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
 
Artinya: Semoga keselamatan rahmat Allah dan berkah-Nya limpahkan kepada kalian.***
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x