Bangun Tidur Sebelum Subuh, Ini Dia 5 Manfaat Luarbiasa

- 4 Juni 2022, 08:23 WIB
Ilustrasi bangun tidur
Ilustrasi bangun tidur /JG/AYU/Islampos.com
 
 
BERITA KBB - Bangun tidur menjelang subuh tentu hal yang cukup sulit dilakukan, apalagi dengan kebiasaan kita yang sudah terbiasa bangun siang ataupun tidur kembali selepas shalat subuh.
 
Meskipun sudah memiliki niat dengan memasang alarm, tak sedikit dari kita yang hanya menganggap alarm sebagai gangguan yang harus dimatikan ketika sedang tidur.
 
Berbagai alasanpun menjadi penyebab nya, mulai dari masing mengantuk, kecapean, mata tidak bisa terbuka karena terasa rapat, mengantri giliran ke kamar mandi dan masih banyak lagi.
 
 
Padahal kita tak menyadari bahwa bangun tidur sebelum shalat subuh itu memiliki sejuta manfaat, apalagi bagi kesehatan tubuh kita.
 
Selain bermanfaat bagi kesehatan, bangun sebelum subuh pun sesungguhnya baik untuk diri kita karena pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan.
 
Seperti yang di disampaikan oleh Imam Ath - Thabrani dan Al - Bazzar radhiyallahu'an huma, Rasulullah SAW bersabda :
"Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan - kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keuntungan."
 
 
Adapun 7 manfaat bangun sebelum subuh yang telah dirangkum oleh Berita KBB dari berbagai sumber sebagai berikut :
 
1. Didoakan oleh Rasulullah SAW
Bangun tidur sebelum subuh merupakan keistimewaan tersendiri. Dimana keberkahan dan kebaikan mengalir pada waktu pagi itu.
 
Seperti yang di sampaikan Rasullullah SAW saat berdoa agar waktu pagi menjadi waktu berkah "Ya Allah, berkahilah umatku dipagi harinya.." (H.R Imam Turmudzi)
 
 
2. Menyelamatkan Dari Siksa
Bangun pagi sebelum subuh dan tidak tidur usai sholat subuh akan menyelamatkan kita dari pedihnya api neraka. Dimana dengan bangun sebelum subuh kita dapat melaksanakan kewajiban kita shalat subuh tepat waktu.
 
Karena orang yang melaksanakan shalat subuh tepat waktu, maka akan berada dalam tanggungan Allah SWT, itu memiliki arti bahwa Allah tidak akan menyiksanya.
 
3. Mudah Meraih Kesuksesan
Terdapat berkah yang melimpah pada waktu pagi hari, membuat orang yang bangun tidur sebelum subuh mendapatkan keberkahan yang melimpah dari Allah SWT, maka akan mudah dalam meraih kesuksesan.
 
Seperti yang disampaikan dalam HR Imam Thabrani "Pagi - pagi dalam mencari rezeki dan kebutuhan - kebutuhan karena hal itu adalah berkah dan kesuksesan."
 
4. Kinerja Otak Lebih Efektif
Orang yang bangun tidur sebelum subuh tentu menghirup udara yang amat segar. Ketika menghirup nafas yang panjang pada waktu subuh, kecepatan aliran darah menuju otak akan cepat bertambah.
 
Hal itulah yang menyababkan kinerja otak lebih cepat merespon saat diajak berpikir. Itulah kenapa, mempelajari suatu hal diwaktu fajar akan terasa lebih mudah dipahami.
 
5. Membuat Keadaan Mental Kita Lebih Sehat
 
Manfaat yang kali ini terjadi, sebab sewaktu fajar, kondisi disekitar kita masih sangat tenang dan nyaman, sehingga membuat tubuh kita rileks dalam menjalani aktivitas.
 
Selain itu, menemukan ketenangan pada waktu - waktu sebelum shalat subuh membantu kita merasa damai sepanjang hari dan membuat mental kita dapat merasakan ketenangan.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x