Tata Cara Sholat Hajat Beserta Niat dan Do’anya

- 3 Juni 2022, 11:49 WIB
Ilustrasi shalat
Ilustrasi shalat /Ilustrasi: muhammadiyah.or.id/
 
 
BERITA KBB – Sholat hajat adalah suatu amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan bagi umat muslim yang memiliki keinginan atau hajat.
 
Dalam hal ini, bagi umat muslim yang menginginkan doanya dikabulkan oleh Allah SWT. 
 
Lalu, bagaimanakah niat sholat hajat beserta tata cara dan doanya?
 
 
Dilansir dari berbagai sumber, sholat hajat merupakan sholat sunnah yang dikerjakan minimal 2 rakaat dengan maksimal 12 rakaat.
 
Sementara itu, waktu terbaik untuk melaksanakan sholat hajat adalah setelah sholat subuh hingga matahari terbit dan setelah waktu ashar hingga matahari terbenam.
 
Niat sholat hajat sangat berbeda dengan niat sholat lainnya.
 
 
Keistimewaan mengerjakan ibadah sholat hajat adalah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keimanan, memohon pertolongan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
 
Sebelum melaksanakan sholat hajat, seorang umat muslim wajib untuk mengetahui bacaan niat sholat hajat terlebih dahulu dan dilanjutkan untuk memahami tata cara sholatnya.
 
Sebelum melaksanakan sholat hajat, seorang umat muslim terlebih dahulu membaca atau melafalkan niat.
 
 
Membaca niat sholat hajat merupakan suatu rukun wajib yang harus dilakukan setiap melaksanakan ibadah sholat seperti kita melaksanakan ibadah sholat pada umumnya.
 
Berikut adalah bacaan niat sholat hajat:
“Ushall sunnatal hjati rak’ataini ad’an lillhi ta’l.”
 
Artinya: “Aku menyengaja sholat sunnah hajat dua rakaat tunai karena Allah SWT.”
Berikut ini tata cara sholat hajat yang dapat anda lakukan.
 
1. Membaca niat sholat hajat.
 
2. Takbiratul ihram dan membaca doa iftitah.
 
3. Membaca Surat Al – Fatihah dan dilanjutkan membaca surat pendek yang ada di Al – Qur’an (disarankan membaca Ayat Kursi dan surat Al – Ikhlas).
 
4. Ruku’ dan membaca doa.
 
5. I’tidal dan membaca doa.
 
6. Sujud dan membaca doa.
 
7. Duduk diantara dua sujud dan membaca doa.
 
8. Sujud kedua dan membaca doa.
 
9. Kemudian berdiri untuk melaksanakan rakaat kedua sebagaimana tata caranya sama seperti rakaat pertama.
 
10. Duduk tasyahud akhir dan membaca doa.
 
11. Salam.
 
Setelah menunaikan sholat hajat, seorang umat muslim dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat hajat untuk meminta apa yang sedang ia inginkan.
 
Berikut ini bacaan doa setelah sholat hajat:
1. Bacaan Dzikir
 
• Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim (10 kali sambil sujud).
 
• Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad (10 kali).
 
• Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil’akhirati hasanah wa qinaa ‘adzaaban nar. 
 
2. Bacaan Doa
 
"Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin." 
 
Artinya: Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang 
 
Demikian informasi seputar bacaan niat sholat hajat beserta tata cara dan bacaan doa setelah sholat hajat yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat.***
 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x