Khutbah Jumat 4 November 2022: Keutamaan Sedekah Subuh

- 4 November 2022, 12:26 WIB
Ilustrasi khotbah Jumat
Ilustrasi khotbah Jumat /Pixabay/Shafin_Proctic


BERITA KBB- Di hari Jumat ini, diwajibkan bagi laki-laki yang beragama islam untuk menunaikan sholat Jumat di Masjid.

Begitupun sunnah-sunnah lainnya yang bisa dilakukan oleh umat islam di hari yang penuh berkah ini.

Hari Jumat adalah hari yang paling berkah dan penuh keistimewaan di dalamnya. Sunnah yang bisa dilaksanakan dan bernilai ibadah salah satunya adalah bersedekah subuh.
 
Baca Juga: Niat Sholat Qobliyah dan Niat Sholat Ba'diyah Jumat Sebelum dan Sesudah Menunaikan Sholat Jumat

Sedekah subuh memang tidak hanya dilakukan ketika hari Jumat, melainkan hari-hari biasapun bisa ditunaikan.

Akan tetapi, Allah Swt menyukai hamba-Nya yang bersedekah di hari Jumat sebab pahala yang didapatkan akan berlipat ganda.

Sedekah hari Jumat bukan hanya memberikan uang kepada orang yang membutuhkan, bisa juga memberi makan hewan peliharaan misalnya ayam atau kucing.

Niatkan dalam hati sebagai sedekah dan ibadah kita kepada Allah Swt. Karena dengan sedekah harta yang kita miliki bukan berkurang.

Justru Allah Swt tambah seluas-luasnya, bahkan diganti dengan kebaikan atau harta yang jauh berkali lipat dengan yang kita sedekahkan.

Syekh Ali Jaber menjelaskan bahwa ada banyak keutamaan dari menjalalan sedekah subuh, di antaranya:

1. Allah akan menurunkan para malaikat untuk mendoakan orang yang bersedekah subuh agar Allah memberikan ganti yang lebih dari sedekahnya.

2. Allah akan mengabulkan segala hajat atau keinginan hamba-Nya yang bersedekah subuh dengan niat ibadah dan ikhlas karena Allah.

3. Allah akan memudahkan urusan orang yang senang bersedekah. Apapun urusan dan keinginan hamba-Nya yang gemar memberi dan membantu, Allah lantas memudahkan setiap urusan yang di hadapinya.
 
Baca Juga: Ramalan Zodiak Virgo Hari ini Jumat, 4 November 2022: Anda Ikuti Kata Hati dan Pertahankan Harga Diri

4. Di jauhkan dari segala macam penyakit. Keutamaan sedekah adalah bisa membuat diri kita sehat dan Allah beri kesembuhan bagi yang sakit.

5. Membuat hati, jiwa, kita jauh lebih tenang dan tidak mudah emosi. Karena saat bersedekah tentulah hati dan jiwa kita harus dalam keadaan sehat dan ikhlas memberi.

Allah telah menjelaskan perintah untuk bersedekah yang tercantum dalam QS. Al-Baqarah: 215 yang berbunyi:



يَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ ۖ قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

”Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan”. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.”

Demikian khutbah Jumat yang bertema keutamaan bersedekah subuh bagi yang menjalankannya. Masih banyak keutamaan lainnya yang sangat bermanfaat untuk kita di dunia maupun di akhirat.*** 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x