Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggelar Shalat Idul Fitri di Lapangan Demi Ketertiban dan Kekhusyuan Ibadah

- 17 April 2023, 17:38 WIB
Berikut hal yang harus diperhatikan saat menggelar Shalat Idul Fitri di lapangan demi ketertiban dan kekhusyuan Ibadah, cuaca dan kondisi tanah adalah salah satunya.
Berikut hal yang harus diperhatikan saat menggelar Shalat Idul Fitri di lapangan demi ketertiban dan kekhusyuan Ibadah, cuaca dan kondisi tanah adalah salah satunya. /Pixabay/Mostafa Meraji

 

Berita KBB - Shalat Idul Fitri yang dilaksanakan setelah bulan suci Ramadhan berakhir, umumnya selalu dipadati oleh jamaah yang seluruhnya berasal dari wilayah sekitar masjid, baik di lingkungan kompleks perumahan maupun di pinggir jalan.

Oleh karena banyaknya jamaah yang memadati masjid untuk melaksanakan shalat Idul Fitri, pihak DKM biasanya menggelar shaf tambahan di sekitar area masjid yang tempatnya terbuka.

Tidak jarang juga ada yang menggelar shalat Idul Fitri di lapangan terbuka yang lokasinya jauh dari masjid. Biasanya tempat yang digunakan adalah fasilitas umum seperti alun-alun atau fasilitas pribadi seperti tanah kosong dengan seizin pemiliknya.

Baca Juga: Generali Indonesia Bayarkan Klaim Rp273 Miliar pada Kuartal I – 2023

Untuk memaksimalkan ketertiban dan kekhusyuan ibadah shalat Idul Fitri yang dilaksanakan di lapangan terbuka, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pihak penyelenggara shalat Id dan juga jamaah yang melaksanakannya.

Menurut Hasbullah Bakry dalam Pedoman Islam di Indonesia (1990), sunnah Rasul memang mencontohkan shalat Idul Fitri dilaksanakan di lapangan terbuka yang luas. Hal itu tentunya untuk bisa menampung jamaah shalat yang lebih besar daripada Shalat Jumat.

 

Kendati demikian, pelaksanaan shalat Idul Fitri di lapangan terbuka haruslah memperhatikan kondisi cuaca pada saat shalat dilaksanakan. Jika cuaca baik dan tidak hujan, maka sebaiknya shalat Idul Fitri dilaksanakan di lapangan luas.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x