Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Jenis Antara Takbiran Idul Fitri dan Idul Adha Berikut Ini

- 21 April 2023, 12:00 WIB
Berikut perbedaan jenis antara takbiran Idul Fitri dan Idul Adha, meski bacaannya sama tapi ada perbedaan yang mendasar.
Berikut perbedaan jenis antara takbiran Idul Fitri dan Idul Adha, meski bacaannya sama tapi ada perbedaan yang mendasar. /purbalinggakab.go.id/

 

Berita KBB - Dimulai setelah waktu Isya nanti, gema takbiran akan berkumandang bersahut-sahutan di hampir seluruh wilayah Indonesia mulai dari perkampungan hingga perkotaan, menyambut hari raya Idul Fitri 2023 yang akan jatuh pada esok, 22 April 2023.

Gema takbiran pada malam sebelum Lebaran ini bukanlah sebatas tradisi umat Islam. Dikutip dari situs NU Online, umat Islam memang disunnahkan untuk mengumandangkan bacaan takbir pada malam Idul Fitri.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam QS Al Baqarah ayat 185 yang artinya berbunyi: “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

Baca Juga: Update Info Mudik Laut Hari Ini: Berikut Area Pelayaran yang Bergelombang Tinggi Hingga 4 Meter 21 April 2023

Secara umum, bacaan takbiran yang dikumandangkan pada malam Idul Fitri dan Idul Adha memang sama persis. Dari malam hingga pagi sebelum shalat Id, kita melantunkan lafal takbir “Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar. Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar wa lillaahil hamdu.”

 

Kumandang takbiran pada malam Idul Fitri ini kadang diselingi dengan zikir dan takbir Rasulullah SAW di bukit Shafa, yang mana bacaannya sebagaimana diriwayatkan Imam Muslim, berbunyi sebagai berikut:

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x