Simak! Tata Cara Shalat Idul Adha Berjamaah dan Munfarid, Lengkap Dengan Lafal Niat dan Surat yang Dibaca

- 28 Juni 2023, 21:32 WIB
Berikut tata cara shalat sunnah idul Adha berjamaah dan munfarid lengkap dengan lafal niat dan surat yang dibaca.
Berikut tata cara shalat sunnah idul Adha berjamaah dan munfarid lengkap dengan lafal niat dan surat yang dibaca. /Freepik/ Garakta Studio

 

Berita KBB - Pada hari raya Idul Adha setiap tahunnya, umat Muslim dianjurkan melaksanakan shalat sunnah Idul Adha sebelum menyembelih hewan kurban. Shalat ini hukumnya sunnah muakkad atau sunnah yang amat dianjurkan bagi ikhwan dan akhwat.

 

Dikutip dari NU Online Rabu 28 Juni 2023, shalat sunnah Idul Adha dilaksanakan setelah matahari terbit hingga waktu Dzuhur, dan tidak didahului dengan adzan atau iqamah. Shalat sunnah ini dilaksanakan sebanyak 2 rakaat secara berjamaah dan diakhiri dengan khutbah.

 

Meskipun shalat sunnah Idul Adha dianjurkan dikerjakan secara berjamaah, tapi umat Muslim dapat mengerjakannya sendirian atau munfarid jika situasi dan kondisi tidak memungkinkan untuk pergi ke masjid.

Baca Juga: Alhamdulillah, Kota Bandung Raih Hattrick Juara Umum Pada Peparpeda Jabar III 2023

Karena shalat hari raya ini hanya dilaksanakan setahun sekali, mungkin sebagian umat Muslim ada yang sudah lupa dengan niat, bacaan dan surat-surat yang dibaca dalam shalat sunnah Idul Adha ini.

 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x