Kopi Khop, Minuman Khas Aceh yang Disajikan dengan Gelas Terbalik

- 18 Februari 2021, 12:00 WIB
Kopi Khop, minuman unik khas Aceh
Kopi Khop, minuman unik khas Aceh /Pixabay/

BERITA KBB - Budaya minum kopi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Aceh. Tidak heran jika Anda berkunjung ke provinsi di ujung Sumatera ini, akan menjumpai banyak sekali kedai kopi. 

Para penikmat kopi di Aceh sendiri tidak terbatas pada kaum laki-laki dan orang tua, tapi para perempuan serta remaja juga tidak ketinggalan. Oleh karena itu, Aceh memiliki varian seduhan kopi yang beragam dan berbeda dari daerah lain.

Salah satu sajian kopi khas Aceh yang cukup terkenal adalah Kopi Khop. Kopi Khop adalah minuman yang diolah dari kopi robusta.

Baca Juga: Uya Kuya dan Istri Positif Covid-19, Uya: Saya Berjuang Antara Hidup atau Mati

Sekilas penampilannya tidak berbeda dengan kopi tubruk pada umumnya. Namun secara penyajian, sangat berbeda dan bisa dibilang unik. Hal tersebut karena Kopi Khop disajikan dengan gelas yang dibalik di atas cawan atau piring kecil.

Lalu bagaimana cara meminumnya?

Penyajian kopi khop selain dengan gelas terbalik, juga dilengkapi sedotan yang bagian ujungnya dijepitkan ke dalam gelas. Sedotan itulah yang digunakan untuk mengeluarkan cairan kopi dari dalam gelas, dengan cara ditiup perlahan. 

Baca Juga: Hore! Sinopsis Dari Jendela SMP, Kamis 18 Februari 2021, Joko dan Wulan Kembali Berlatih Bersama

Minuman yang keluar kemudian dapat diseruput langsung atau bisa juga menggunakan sedotan. Namun jika kopi masih panas, pastikanlah untuk meniupnya terlebih dahulu. Unik bukan? 

Halaman:

Editor: Asep Budiman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah