Cara Memilih Hewan Kurban yang Tepat dan Kenali Ciri-ciri Hewan yang Terkena PMK

- 4 Juli 2022, 18:07 WIB
Umat Islam bersiap memperingati hari raya Iduladha dan melaksanakan ibadah kurban. Berikut cara memilih hewan kurban yang tepat di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK)
Umat Islam bersiap memperingati hari raya Iduladha dan melaksanakan ibadah kurban. Berikut cara memilih hewan kurban yang tepat di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) /Dokumentasi : surakarta.go.id/
 
BERITA KBB - Umat Islam bersiap melaksanakan ibadah Iduladha dan melaksanakan ibadah kurban. Tapi, adakah yang masih bingung bagaimana memilih hewan kurban yang baik dan benar di tengah wabah PMK?
 
Nah, kali ini kami akan berikan tips dalam memilih hewan kurban yang baik menurut Direktur Halal Research Centre Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta, Nunung Danar.
 
1. Hewan jantan yang sehat dengan badan tegap. Lalu, miliki tubuh simetris proporsional dan memiliki gerakan lincah, punya nafsu makan normal, dan tidak lunglai atau lemah.
 
 
2. Kuku kaki sehat juga utuh. Ketika berjalan terlihat normal tak pincang. Jika hewan itu sakit maka nafsu makan hilang, malas berjalan, serta tubub lemah.
 
3. Mata berbinar beserta hidung basah berembun. Bulu-bulunya tidak kasar atau kusam.
 
4. Tidak ada bercak darah pada lubang-lubang tubuh, seperti mata, hidung, mulut, telinga, dubur, dan kemaluan. Indikasi hewan yang terinfeksi antrax ialah keluar darah dari lubang-lubang dalam tubuhnya.
 
 
5. Hindari hewan kurban yang dipelihara di tempat pembuangan sampah karena waspada mengonsumsi limbah logam berat.
 
Berikut ini informasi terkait wabah PMK
 
1. Hewan ternak yang terkena PMK harus diisolasi dan tak boleh dijualbeli
2. PMK wabah menular dari ternak ke ternak dan tidak menular ke manusia. Masa inkubasinya itu dua sampai 14 harian.
3. PMK menyerang hewan berkuku belah, seperti sapi, kerbau, kambing, domba, unta, babi, dan bison, serta rusa.
 
 
4. Ciri PMK, antara lain nafsu makan hilang, tubuh lemah, kurang agresif, demam suhu tubuh 41⁰, dan banyak keluarkan air ludah, serta luka di mulut, lidah, gusi, dan kulit di atas kuku.
5. Produk peterbakan semisal daging dan susu telah dimasak sampai matang.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x