Ekonomi Indonesia Terjun Bebas, Jokowi Disemprot Rizal Ramli

- 26 Februari 2021, 19:54 WIB
Pakar Ekonomi, Rizal Ramli.
Pakar Ekonomi, Rizal Ramli. //Twitter.com/@RamliRizal

BERITA KBB - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rizal Ramli, mengkritik pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Bukan hanya mengkritik pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus menurun, Rizal Ramli juga mengkritik indeks Demokrasi tahunan Indonesia.

Ekonom Rizal Ramli memberikan kritik pedas terhadap mantan atasannya dan mempertanyakan kontribusi Jokowi terhadap demokrasi Indonesia dimasa mudanya.

Baca Juga: Blow Up, Konspirasi Berbagai Genre Perkaya Musik Band Indonesia

Baca Juga: Link Baca Online Komik One Piece 1005 Berbahasa Indonesia, Robin dan Brook Menolong Sanji, Minggu Depan Terbit

Dengan tegas Rizal Ramli mengatakan, sebagai seorang pemimpin, Jokowi tak seharusnya menjauhkan demokrasi dari Indonesia.

Terlebih lagi, dimasa sekarang, ekonomi Indonesia kian hari kian menurun yang mana menurutnya seperti terjun bebas.

"Indonesia dulu contoh negara demokratis di Asia. Sekarang dengan Malaysia aja kalah. Mas @Jokowi pernah ndak berjuang untuk demokrasi," tulis Rizal Ramli dalam twitter pribadi miliknya @RamliRizal.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mendaftar dan Alur Vaksinasi untuk Lansia di Kota Bandung

Baca Juga: Hindari Kerumunan Selama Pandemi, PKL Tegallega Akan Ditata oleh Pemkot Bandung

Berdasarkan rilis terbaru dari The Economist Intelligence Unit (EIU),peringkat indeks demokrasi Indonesia berada di posisi ke-64 dari 167 negara pada tahun 2019.

Dengan berada pada posisi ke 64, Indonesia mendapat skor indeks demokrasi yaitu 6,48. Skor tersebut merupakan skor kedua terendah Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir.

Skor indeks demokrasi ini berdasarkan beberapa faktor. Faktor tersebut diantaranya proses pemilu dan pluralisme, berfungsinya pemerintahan, partisipasi politik, budaya politik dan kebebasan sipil.

Baca Juga: Lansia Kota Bandung Mulai Divaksin Covid-19

Baca Juga: Ramalan Zodiak Besok 27 Februari: Percintaan dan Karier Cancer, Leo, dan Virgo

Sebagai perbandingan, Malaysia sebagai negara tetangga naik ke peringkat 43 dengan skor 7,16.

Hal tersebut berarti, indeks demokrasi negeri jiran Malaysia itu lebih tinggi dari Indonesia yang mana dulu Indonesia sebagai negara percontohan demokrasi.***

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x