Soal Insiden Ledakan Kilang Balongan, Pengamat Energi: Megaproyek Pertamina Terancam Mandek

- 30 Maret 2021, 13:34 WIB
Pengamat energi sebut megaproyek Pertamina terancam mandek akibat ledakan Kilang Balongan.
Pengamat energi sebut megaproyek Pertamina terancam mandek akibat ledakan Kilang Balongan. /Antara/Khaerul Izan.

BERITA KBB- Pascaledakan Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat, megaproyek Refinery Development Master Plan (RDMP) milik Pertamina terancam terhambat.

RDMP Kilang Balongan merupakan salah satu proyek strategis nasional dalam rangka pengembangan kilang di Indonesia.

Terhambatnya megaproyek ini diungkapkan oleh seorang pengamat energi, yang juga mantan anggota DPR RI, Kurtubi.

Menurutnya, jadwal megaproyek RDMP diprediksikannya akan mundur lantaran perbaikan kilang minyak akibat ledakan dahsyat membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Spoiler Ikatan Cinta Selasa 30 Maret 2021, Aldebaran Percaya Elsa Pembunuh Roy, Cari Bukti Kuat Untuk Tangkap

Jadwalnya pasti akan molor. Perkiraan saya memperbaiki tangki yang rusak parah butuh waktu lama untuk bisa berfungsi normal kembali,” tutur Kurtubi, seperti dikutip BeritaKBB.pikiran-rakyat.com dari Antara. 

Sementara itu, pengerjaan megaproyek RDMP Kilang Balongan fase pertama telah dilakukan pada Februari lalu, ditandai dengan pemancangan.

Kemudian, fase kedua berupa aktivitas produksi yang kabarnya akan berlangsung pada tahun 2022 mendatang. Setelah itu, di fase ketiga pengembangan komplek kilang terintegrasi Petrokimia yang rencananya akan rampung pada tahun 2026.

Adapun tujuan pengembangan proyek RDMP  adalah untuk meningkatkan fleksibilitas unit pengolahan dan meningkatkan kapasitas produksi Kilang Balongan.

Halaman:

Editor: Asep Budiman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah