Biodata dan Profil Politisi Rustriningsih Mantan Kader PDIP yang Dipuji Megawati, Ganjar Pranowo Menyusul?

- 28 Mei 2021, 22:56 WIB
Biodata dan Profil Politisi Rustriningsih Mantan Kader PDIP yang Dipuji Megawati, Ganjar Pranowo Menyusul?
Biodata dan Profil Politisi Rustriningsih Mantan Kader PDIP yang Dipuji Megawati, Ganjar Pranowo Menyusul? /Tangkapan layar twitter @Rustriningsih.

BERITA KBB- Jauh sebelum nama Ganjar Pranowo bersinar seperti sekarang, ada politisi yang sempat menuai pujian dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri justru tersingkir.

Sosok itu adalah Rustriningsih. Rustriningsih yang sempat dipuji Megawati sebagai srikandinya justru berpindah haluan menginggalkan PDIP. Kejadian ini pun dapat terulang kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Nama Rustriningsih pun kerap disinggung kala membahas isu Ganjar Pranowo yang belum juga diusung partainya untuk Pilpres 2024. Dan di artikel ini akan mengupas profil dan biodata Rustriningsih.

Baca Juga: Tak Disiarkan Langsung Indonesia-Oman, Shin Tae-yong Minta Anak Asuhnya Fokus Bertahan dan Menyerang

Pasalnya, Ganjar Pranowo seakan-akan menerima karma jika lebih memilih keluar dari PDIP. Sebab, sebelumnya, Rustriningsih kecewa lantaran dirinya tak diusung PDIP untuk maju di Pilgub Jateng tahun 2013. DPP PDIP malah mengajukan Ganjar Pranowo.

Akhirnya Rustriningsih pindah haluan ke partai lain hingga namanya makin lama tenggelam. Mundur ke belakang saat masa berjayanya Rustriningsih di PDIP, ia termasuk kader berprestasi.

Bahkan Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri kala itu saat di Jawa Tengah menyebut Rustiningsih sebagai srikandinya.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Meski Sudah Divaksin Tetap Harus Menjaga Protokol Kesehatan

Wanita kelahiran Kebumen ini sudah aktif menjadi kader PDIP sejak tahun 1986 kala ia berusia 18 tahun, setelah ia lulus dari SMA Negeri Gembong.

Rustriningsih melanjutkan pendidikan ke Universitas Jendral Soedirman dengan jurusan Ilmu Administrasi dan lanjut program Magister ke Universitas Gadjah Mada jurusan Ilmu Administrasi Negara.

Jenjang karir Rustriningsih pun naik dengan cemerlang, dimulai dari Anggota DPR-RP Fraksi PDI-Perjuangan (1999-2000), lalu Bupati Kebumen selama dua periode (2000-2010).

Baca Juga: Sinopsis Badai Pasti Berlalu, Sabtu 29 Mei 2021, Siska Merasa Ada yang Ingin Mencelakai Helmi, Siapa Dia?

Di kursi Bupati Kebumen inilah ia mampu mengharumkan namanya sebagai politikus dan partai. Selama periodenya berjalan, ia berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kebumen yang awalnya Rp 6 miliar menjadi Rp 23 miliar dalam kurun 3 tahun.

Ia juga ditunjuk Megawati Soekarnoputri untuk mengemban amanah bersama Bibit Waluyo, sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah (2008-2013).

Bahkan kemampuan Rustriningsih dalam berpolitik diakui secara dunia. Badan dunia untuk bidang Ekonomi-Asia Pasifik menganugerahi Outstanding Woman in Local Government Certificate of Recognation (2001).

Baca Juga: Ramalan Zodiak Sabtu, 29 Mei 2021: Libra, Scorpio, Sagitarius Belajarlah Mengungkapkan Apa yang Dirasakan

Selain itu, Rustriningsih juga menjadi finalis Stockholm Challenge’s Award (Pemanfaatan IT untuk Pendidikan di Masyarakat) tahun 2006.

Itulah sederet prestasi dan profil dari Rustriningsih, eks kader PDIP.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x