Mantap, lndonesia Siap Produksi Radar GCI Bareng Prancis di PT Len Industri

- 25 Mei 2022, 20:08 WIB
Menhan Prabowo Subianto dampingi Presiden Jokowidodo dan Menteri BUMN Erick Thohir
Menhan Prabowo Subianto dampingi Presiden Jokowidodo dan Menteri BUMN Erick Thohir /Istimewa/

BERITA KBB - Alutsista TNI dijamin makin digdaya dengan Radar _Ground Controlled Interception (GCI)_ yang akan dibuat oleh perusaan BUMN ternama, PT Len Industri (Persero), perusahaan induk holding BUMN Industri Pertahanan DEFEND ID.

Hal ini adalah buah dari diplomasi pertahanan yang dilakukan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

PT Len Industri baru saja membagikan kabar baik soal pengembangan Radar GCI. Tak tanggung-tanggung, PT Len Industri menggandeng perusahaan ternama Prancis, Thales.

Baca Juga: Peringati Bulan K3 Nasional, Karyawan LEN Berbagi dengan Sesama Mendonor Darahnya

Kerja sama penting dengan Thales ini ditandatangani pada 17 Mei 2022 di Prancis oleh Direktur Utama Len, Bobby Rasyidin dan SVP Latin America & Asia of Thales International SAS, Guy Bonassi.

Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra mengatakan bahwa kerja sama antara Len dan Thales untuk pembuatan 13 unit Radar GCI ini adalah guna memenuhi kebutuhan alutsista TNI.

Hal ini sejalan dengan apa yang selalu digaungkan oleh Presiden RI Joko Widodo, yaitu agar Kemhan dan TNI menggaungkan dan menjadi pelopor dalam pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri.

Baca Juga: Dukung Program Efektif Peningkatan Kemampuan Angkatan Laut Indonesia, Len Modernisasi KRI Usman Harun

“Len dan Thales baru saja melakukan penandatanganan kerja sama pemenuhan 13 Radar GCI untuk Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI. Semoga proses produksi segera berjalan dan lancar. Ini adalah buah kerja keras kita bersama sesuai arahan Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto agar Kemhan dan TNI senantiasa mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN),” ujar Herindra.

Sementara itu, Bobby mengatakan bahwa selain penandatanganan produksi bersama Radar GCI, PT Len Industri dan Thales juga menyepakati dimulainya aktivitas pendefinisian _concrete action_ untuk merealisasikan _Head of Agreement (HoA)_ dari _Strategic Partnership_ antara Len-Thales di tujuh area potensial.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah