Siapakah Nama Asli Pahlawan Kapitan Pattimura? Ustaz Adi Hidayat Ungkap Dalam Ceramahnya

- 5 Juli 2022, 21:07 WIB
Ustadz Adi Hidayat menjadi trending topik di Twitter setelah menjelaskan tentang siapa nama asli Pattimura.
Ustadz Adi Hidayat menjadi trending topik di Twitter setelah menjelaskan tentang siapa nama asli Pattimura. /YouTube/Podcast Islam/
 
BERITA KBB - Tahukah kalian nama asli dari pahlawan nasional yang ada di gambar uang seribu rupiah yang pada gambar sedang memegang golok?
 
Ya, pahlawan itu bernama Kapitan Pattimura atau bernama Thomas Matulessy. Belakangan ini menjadi ramai diperbincangkan setelah beredar video ceramah dari ustaz kondang, Adi Hidayat yang menyebut nama asli dari Kapitan Pattimura ini adalah Ahmad Lussy dan bukanlah Thomas Matulessy.
 
"Di uang 1000 itu ada satu gambar namanya Kapitan Pattimura. Nah, banyak yang menyebut Thomas Matulessy. Kami coba cari tahu dan menanyakan ke pakar sejarah, Allahu akbar, ternyata nama aslinya itu Ahmad Lussy bukan Thomas," kata Ustaz Adi Hidayat dalam ceramahnya.
 
 
Video yang berdurasi 1.24 detik itu, ustaz Adi Hidayat mengatakan bahwa Ahmad Lussy seorang pejuang dan kyai. Pahlawan dari Maluku itu berdasar ditsmp.kemdikbud.go.id, lahir pada 8 Juni 1783 di Saparua, Maluku.
 
Kapitan Pattimura lahir dari pasangan Frans Matulessy dan Fransina Silahoi. Dia miliki adik laki-laki bernama Yohanis. Pattimura belajar perang lewat pelatihan militer oleh tentara Inggri dan mencapai pangkat sersan mayor.
 
Pattimura melawan perlawanan Belanda ketika penolakannya terhadap pemulihan kekuasaan Belanda di tanah Maluku. Akhirnya, lahirlah 'Proklamasi Haria' oleh Pattimura.
 
 
Pada 1817, Pattimura dikukuhkan sebagai Kapitan Besar pada upacara adat di Baileo Haria.
 
Pattimura pada 6 November 1973 dianugerahi gelar pahlawan nasional Indonesia oleh Presiden Soeharto lewat Keppres nomor 87/TK.
 
Pattimura ini simbol perjuangan Maluku yang diadopsi Republik Maluku Selatan dan RI. Namanya di Ambon sana diabadikan sebagai nama Universitas Pattimura, Bandara Pattimura, dan sebuah patung juga nama jalan.
 
 
Selain itu, setiap 15 Mei selalu ada peringatan Hari Pattimura.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x