Ono Surono; Wujudkan Kedaulatan Pangan Melalui Ekspedisi Trisakti

- 17 Juli 2022, 10:15 WIB
Ono saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi 3 Pilar Partai bersama Ketua Keanggotaan dan Organisasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Sukur H Nababan , Sabtu (16/7/2022).
Ono saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi 3 Pilar Partai bersama Ketua Keanggotaan dan Organisasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Sukur H Nababan , Sabtu (16/7/2022). /Istimewa/

BERITA KBB - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono mengutarakan soal Ekspedisi Trisakti yang akan digelar pada peringatan HUT RI ke-77 tanggal 17 Agustus 2022 yang menjadi arahan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Bu Mega mengatakan Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat besar namum belum dimanfaatkan secara maksimal terutama dalam kehidupan sehari-hari. Maka kami usulkan Ekspedisi Trisakti yakni mendaki 5 gunung di Jawa Barat. Mengapa dinamakan Ekspedisi Trisakti karena selaras dengan ajaran Bung Karno yakni berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Jadi tidak hanya sekedar mendaki gunung atau gagah-gagahan tapi bagaimana kedaulatan pangan menjadi prioritas kita," kata Ono saat memberikan arahan
dalam Rapat Koordinasi 3 Pilar Partai bersama Ketua Keanggotaan dan Organisasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Sukur H Nababan , Sabtu (16/7/2022). 

 

Kegiatan yang digelar di Hotel Santika Kota Bekasi itu juga dihadiri Ketua DPD PDI Perjuangan Ono Surono, Sekretaris Ketut Sustiawan, Bendahara Ineu Purwadewi Sundari serta seluruh struktural partai, eksekutif dan anggota DPRD dari PDI Perjuangan. 

Baca Juga: Hadiri Reses Wakil Ketua DPRD Jabar, Ono Surono Pastikan Legislatif Harus Perjuangkan Aspirasi Rakyat

Menurut Ono, Ekspedisi Trisakti ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dan menginventarisir potensi sumber pangan di Jawa Barat di wilayah DAS meliputi Gunung, Hutan/Rimba, Laut dan Pantai (GURILAP).

Selain itu, menemukan sumber pangan alternatif yang memenuhi kandungan gizi yang baik, murah, mudah didapat dan dapat ditanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah dan memetakan lahan kritis dan potensi dalam rehabilitasi DAS.

Ekspedisi Trisakti ini juga bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi jenis tanaman endemik di Jawa Barat, khususnya di wilayah DAS dan memiliki rencana pelestariannya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Ono Surono: Pancasila Jalan Keselamatan Berbangsa

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x