Siaran TV Analog di Bandung Telah Dimatikan, Hanya dengan Cara Ini STB Bisa Gratis, Cek di Sini

- 3 Desember 2022, 15:56 WIB
TV Analog di Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, dan Batam Dimatikan! Klik Link STB Gratis! Simak caranya!
TV Analog di Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, dan Batam Dimatikan! Klik Link STB Gratis! Simak caranya! /Deddy Yustianto /PIXABAY/StockSnap


BERITA KBB - Pemerintah resmi telah melakukan Analog switch of untuk daerah Bandung sehingga pada hari ini Sabtu, 3 Desember 2022 di tempat tersebut tidak dapat lagi menggunakan siaran TV analog.

Tidak hanya Bandung, melainkan wilayah lain seperti Yogyakarta, Solo dan Batam juga Semarang mengalami Analog Switch Off (ASO) di daerah mereka.

Sejak dimatikannya layanan siaran TV analog membuat warga ingin mencari tahu mengenai harga Set Top Box (STB).

Baca Juga: Hadirkan Paket Gratis Roaming di Negeri Jiran, XL Axiata Tingkatkan Pelayanan pada Pelanggan di Kalimantan

Ada juga yang mencari informasi mengenai Set Top Box (STB) secara Gratis dan dengan upaya apa agar bisa mendapatkan STB gratis tersebut.

Bantuan untuk unit Set Top Box di Bandung, Yogyakarta, Solo dan Batam diketahui memang dijanjikan gratis oleh pemerintah.

Artinya terdapat wilayah khusus untuk TV analog nya telah dimatikan bersamaan dengan kota Bandung seperti Yogyakarta, Solo dan Batam juga Semarang.

Baca Juga: Sinopsis Tajwid Cinta Sabtu 3 Desember 2022: Dafri Marah Kepada Syifa, Lagi-Lagi Karena Nadia!

Sehingga bagi warga yang kini di tempat tinggalnya mengalami Analog switch off akan dapat menonton TV kembali seperti biasanya dengan migrasi ke TV Digital menggunakan STB.

Kementerian Kominfo sebelumnya memberikan informasi tentang situs untuk mengecek siapa saja penerima STB gratis di Bandung atau daerah lain dari pemerintah.

Adapun laman yang dapat diakses untuk memastikan mendapat STB gratis atau tidak dengan cek langsung di situs cekbantuanstb.kominfo.go.id.

Dilansir dari berbagai sumber, Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia menyebutkan untuk sementara yang diaktifkan data rumah tangga miskin di wilayah analog switch off (ASO) dan sudah disepakati pelaksanaannya oleh stasiun TV yakni pada tanggal 2 Desember pukul 24.00 WIB.

Baca Juga: Cegah Serangan Siber Asia Pasifik, StormWall Bersama IDCloudHost Buka Point of Presence ke-6 di Singapura.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mendapat STB gratis

1. calon penerima STB gratis di Bandung yakni dengan mencari nama dengan memasukan nomor induk kependudukan (NIK) di kolom pencarian situs yang telah disebutkan tadi.

2. Jika sudah terdaftar penerima STB gratis lalu hubungan call center 159 guna mendapatkan prosedur penerimaannya

3. Bantuan subsidi STB gratis khusus untuk rumah tangga miskin yang memenuhi ketentuan.

4. Subsidi berasal dari pemerintah dan lembaga penyiaran sebanyak 5,6 juta STB.

Sementara itu Kemenkominfo mencatat distribusi STB menurutnya untuk TV analognya yang dimatikan 2 Desember sudah hampir rampung.

Jawa Barat sudah mencapai 99,42 persen baik dari pemerintah maupun penyelenggara multipleksing.

Lalu di Yogyakarta, Batam dan Jawa Tengah 100 persen.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x