KPK Minta Semua Pihak Tak Sembarangan Sebar Isu Formula E

- 3 Januari 2023, 23:45 WIB
KPK Minta Semua Pihak Tak Sembarangan Sebar Isu Formula E
KPK Minta Semua Pihak Tak Sembarangan Sebar Isu Formula E /ANTARA/
 
BERITA KBB - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyayangkan adanya isu liar yang tersebar di publik mengenai penyelidikan dugaan korupsi Formula E Jakarta yang salah satunya dilakukan eks Pimpinan KPK Bambang Widjojanto.
 
Dalam sebuah tayangan YouTube, eks TGUPP Anies Baswedan itu menyebut bahwa KPK akan menaikkan kasus Formula E ke tahap penyidikan tanpa menetapkan tersangka.
 
"KPK menyayangkan adanya opini pihak - pihak tertentu yang tidak menggunakan landasan - landasan hukum. Hal ini dikhawatirkan justru bisa menimbulkan pemahaman publik yang salah kaprah," ujar Juru Bicara KPK Ali FIkri, Senin 2 Januari 2023.
 
 
Ali menyebut Bambang salah saat mengomentari kabar soal KPK yang mau menaikkan kasus formula E ke tahap penyidikan tanpa adanya tersangka. 
 
Menurutnya, pernyataan tersebut merupakan diskusi internal yang tidak ada kaitannya dengan proses penanganan perkara tertentu di komisi antirasuah tersebut.
 
"Jauh sebelumnya muncul dari salah satu ide inovatif pada penugasan proyek perubahan di pendidikan kepemimpinan yang diikuti salah satu pegawai KPK, sehingga gagasan tersebut tentu sama sekali tidak ada kaitannya dengan proses penanganan perkara tertentu di KPK," ujar Ali.
 
Ali mengatakan bahwa diskusi internal itu diikuti oleh sejumlah pakar. Hingga saat ini belum diimplementasikan.
 
 
"Sejauh ini masih sebatas pada tahap diskusi internal dan belum diimplementasikan pada praktik penanganan perkara oleh KPK," tegas Ali.
 
KPK meminta semua pihak tidak sembarangan melempar isu dalam kasus Formula E. Sebab, KPK taat hukum dalam mengusut laporan dugaan korupsi ini.
 
"Alih - alih, kita tentunya ingin memberikan wawasan dan pengetahuan tentang azas - azas hukum yang berlaku di Indonesia kepada masyarakat. Agar tercipta kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat yang tertib dan makmur," jelas Ali.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x