26 Rumah Hancur Akibat Ledakan Petasan di Blitar, Kondisi Terkini Memprihatinkan

- 21 Februari 2023, 23:39 WIB
Sebuah ledakan besar terjadi di Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Pongok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Ledakan yang diduga berasal dari bahan pembuatan petasan tersebut berdampak terhadap hancurnya 26 rumah warga, pada Minggu 19 Februari 2023.
Sebuah ledakan besar terjadi di Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Pongok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Ledakan yang diduga berasal dari bahan pembuatan petasan tersebut berdampak terhadap hancurnya 26 rumah warga, pada Minggu 19 Februari 2023. /Official Blitar Kota/instagram

Berita KBB – Sebuah ledakan besar terjadi di Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Pongok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Ledakan yang diduga berasal dari bahan pembuatan petasan tersebut berdampak terhadap hancurnya 26 rumah warga, pada Minggu 19 Februari 2023.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Blitar, telah merencanakan perbaikan terhadap 26 rumah warga terdampak ledakan. Polda Jawa Timur juga telah mengerahkan tim khusus untuk melakukan investigasi pencarian bahan peledak, dan proses identifikasi korban.

"Tim pertama, bertanggung jawab menemukan bahan peledak di sana. Tim kedua, adalah tim DNA yang membantu identifikasi korban yang dilakukan Tim DVI Biddokkes Polda Jatim," katanya, Selasa, 21 Februari 2023.

Baca Juga: Jadwal Tayangan SCTV Kamis, 23 Februari 2023. Ada UEFA Champions League: Manchester City vs RB Leipzig

Bupati Blitar juga menerangkan terkait perencanaan perbaikan 26 rumah warga terdampak ledakan, dengan melakukan proses survey terlebih dahulu terkait identifikasi kerusakan yang terjadi. Ia juga menganjurkan kepada setiap warga untuk tidak menempati rumah terlebih dahulu, agar meminimalisir resiko terjadinya korban lanjutan.

“Kami akan asesmen dulu, secepatnya kami identifikasi berat, ringan dan sedang,” ujar Bupati Blitar, Selasa 21 Februari 2023.

Fasilitas tempat untuk warga mengungsi sudah tersedia di beberapa titik lokasi. Namun, pemerintah juga tidak melarang bagi siapapun warga yang memilih tinggal di rumah saudara atau kerabatnya untuk sementara waktu.

“Beberapa sudah bergerak ke rumah kerabat, karena kondisi rumah parah. Ada genting runtuh apalagi jika hujan,” jelas Bupati dalam penyediaan tempat pengungsian warga.

Baca Juga: Jadwal Tayangan SCTV Kamis, 23 Februari 2023. Ada UEFA Champions League: Inter Milan vs Porto

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x