Sebut Mudik Tahun Ini Tanpa PPKM, Presiden Jokowi Imbau Para Pemudik Untuk Tetap Waspada dan Hati-Hati!

- 22 April 2023, 08:40 WIB
Sebut Mudik Tahun Ini Tanpa PPKM, Presiden Jokowi Imbau Para Pemudik Untuk Tetap Waspada dan Hati-Hati!
Sebut Mudik Tahun Ini Tanpa PPKM, Presiden Jokowi Imbau Para Pemudik Untuk Tetap Waspada dan Hati-Hati! /PT Jasamarga Transjawa Tol
 
BERITA KBB - Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. 
 
Dalam ucapannya tersebut, Jokowi berharap agar Allah SWT dapat menerima seluruh  ibadahnya dan umat Islam Indonesia selama Ramadhan. 
 
"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin, semoga Allah SWT menerima ibadah kita selama Ramadhan," ujar Jokowi dalam video yang diunggah di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat. 21 April 2023.  
 
 
Selain itu, Jokowi juga menyebut tahun ini merupakan tahun pertama masyarakat bisa  mudik tanpa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 
 
 Sebelumnya, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, masyarakat harus mudik lebaran dengan menjalani kebijakan PPKM. “Tahun ini merupakan mudik pertama tanpa PPKM setelah tiga situasi pandemi. Tentunya pergerakan masyarakat akan semakin banyak, semakin sering dan semarak,” ujar Jokowi.  
 
Oleh karena itu, mantan Wali Kota Solo itu mengimbau kepada seluruh masyarakat yang hendak melakukan mudik lebaran untuk tetap waspada dan berhati-hati selama perjalanan. 
 
 
“Untuk itu, saya menghimbau bapak dan ibu sekalian untuk tetap berhati-hati saat mudik dan arus balik,” ujar Jokowi. 
 
Ada perbedaan dalam merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2023 Masehi. Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan Idul Fitri 1444 H sebagai hari Sabtu, 22 April 2023. 
 
Sementara itu, Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 1444 H pada Jumat, 21 April 2023. 
 
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengimbau untuk saling menghargai perbedaan. 
 
“Ada perbedaan dalam pelaksanaan Idul Fitri, kami harap tidak menonjolkan perbedaannya, tapi kami mencari titik temu dalam hal kesamaan,” ujar Yaqut dalam jumpa pers di Kementerian Agama pada hari Kamis, 20 April 2023. 
 
Yaqut meminta  semua pihak untuk tetap menunjukkan toleransi di tengah perbedaan. 
 
"Toleransi harus diberikan, satu sama lain harus dihormati dan ditoleransi", tambahnya.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x