Sabtu 20 Mei 2023 Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Simak Sejarah Masa Pergerakan Indonesia Berikut

- 19 Mei 2023, 16:30 WIB
Berikut sejarah singkat dari masa pergerakan di Indonesia yang menjadi latar belakang Hari Kebangkitan Nasional yang akan diperingati Sabtu 20 Mei 2023.
Berikut sejarah singkat dari masa pergerakan di Indonesia yang menjadi latar belakang Hari Kebangkitan Nasional yang akan diperingati Sabtu 20 Mei 2023. /Twibbonize.com

 

Berita KBB - Pada hari Sabtu 20 Mei 2023 esok, bangsa Indonesia akan memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2023. Peringatan ini untuk mengenang titik awal masa pergerakan di Indonesia di awal abad 20, di mana kesadaran nasional Bangsa Indonesia mulai bangkit.

 

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional dapat ditarik hingga 20 Mei 1908 silam, di mana organisasi pemuda Budi Utomo didirikan oleh Dr. Soetomo, Wahidin Soedirohusodo dan para pelajar di STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen) atau sekarang FKUI.

 

Budi Utomo dianggap sebagai pelopor pergerakan nasional Indonesia menuju kemerdekaan dari kolonial Belanda, meskipun pada masa itu keanggotaannya masih sebatas untuk pemuda di Jawa.

Baca Juga: Sabtu 20 Mei 2023 Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115, Apakah Jadi Hari Libur? Berikut Jawabannya

Setelah Budi Utomo, berbagai organisasi yang bergerak di bidang pergerakan mulai bermunculan.

 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x