Selamat! Pahala Mansury Resmi Jadi Wamenlu RI yang Baru

- 18 Juli 2023, 06:21 WIB
Profil Pahala Nugraha Mansury eks Wamen BUMN I yang kini resmi menjadi Wamenlu./bumn.go.id
Profil Pahala Nugraha Mansury eks Wamen BUMN I yang kini resmi menjadi Wamenlu./bumn.go.id /
 
 
BERITA KBB - Pahala Nugraha Mansury telah sah dilantik menjadi Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Senin 17 Juli 2023, di Istana Negara, Jakarta, oleh Presiden RI Jokowi.
 
Sebelumnya, Pahala adalah Wakil Menteri BUMN I sejak 2020 lalu. Posisi Wamen BUMN kini diisi oleh Rosan Roslani, yang menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS).
 
Dikutip dari laman BUMN, Pahala sebelumnya menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang diangkat menjadi Menteri Kesehatan. 
 
 
Sebelum bergabung dengan Kementerian BUMN, Pahala merupakan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara pada ‪2019-2020‬.
 
Sebelum jadi Wakil Menteri BUMN I, Pahala sempat menduduki sejumlah posisi penting, antara lain Direktur Keuangan PT Pertamina (‪2018-2019‬), Direktur Utama PT Garuda Indonesia (‪2017-2018‬), Direktur Treasury Market PT Bank Mandiri (‪2015-2017‬) serta sejumlah pengalaman profesional di berbagai konsultan internasional.
 
Pahala merupakan lulusan S1 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan lulus S2 dari NYU Stern School of Business, dengan jurusan Business Administration.
 
Dengan posisi sekarang, Pahala kini mengemban tugas untuk diplomasi ekonomi Indonesia, mulai dari koordinasi hingga negosiasi dan diplomasi Indonesia.
 
 
Selain itu, Wamenlu RI juga bertugas untuk berkoordinasi antara kementerian untuk hubungan internasional terutama dari isu ekonomi. Posisi Wamenlu sebelumnya diemban oleh Mahendra Siregar yang kini menjadi Ketua OJK. 
 
Pelantikan Wakil Menteri tertuang dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 32N, tentang pemberhentian dan pengangkatan wakil menteri negara, Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan Periode ‪2019-2024‬.
 
Jokowi memimpin jalannya acara pelantikan. Dia meminta para menteri tersebut untuk mengucapkan sumpah jabatan dengan mengikuti ucapannya.
 
"Demi Allah, saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar mereka mengikuti sumpah yang dibacakan Jokowi.
 
Selain itu, Jokowi juga melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika.
 
Berikut daftar menteri dan wakil menteri yang dilantik:
 
• Menkominfo: Budi Arie
• Wamekominfo: Nezar Patria
• Wamendes: Prof Paiman Raharjo
• Wamenlu: Pahala Mansury
• WamenBUMN: Rosan Roeslani
• Wamenag: Saiful Rahmat Dasuki.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x