Apa itu Water Mist dan Bagaimana Cara Kerjanya?

- 30 Agustus 2023, 21:30 WIB
Ilustrasi penyemprotan jalan untuk menekan polusi di Jakarta. Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, penerapan water mist generator, jauh lebih efektif dibandingkan dengan penyemprotan air di jalanan ibukota.
Ilustrasi penyemprotan jalan untuk menekan polusi di Jakarta. Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, penerapan water mist generator, jauh lebih efektif dibandingkan dengan penyemprotan air di jalanan ibukota. /ANTARA/Hafidz Mubarak A/

 

BERITA KBB - Water mist adalah teknologi pemadam kebakaran yang menggunakan air yang disemprotkan dengan tekanan tinggi melalui nozzle khusus untuk menghasilkan partikel air yang sangat kecil. Water mist memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sistem pemadam kebakaran konvensional, seperti:

1.       Water mist dapat menyerap lebih banyak panas dari api karena luas permukaan yang besar.

2.       Alat ini dapat mengurangi jumlah oksigen di sekitar api dengan cara menguapkan air dan menghasilkan uap.

3.       Alat ini juga menekan asap dan gas berbahaya yang dihasilkan oleh api.

Baca Juga: Hasil Reading vs Ipswich Town: Elkan Baggott Cs Menang Adu Penalti

4.       Water mist membutuhkan lebih sedikit air dibandingkan dengan sistem sprinkler tradisional, sehingga mengurangi kerusakan akibat air dan dampak lingkungan.

5.       Water mist dapat digunakan untuk memadamkan berbagai jenis api, seperti api kelas A (bahan padat), api kelas B (cairan mudah terbakar), api kelas C (gas mudah terbakar), dan api kelas F (minyak goreng). Water mist juga dapat digunakan untuk melindungi area yang sensitif terhadap air, seperti museum, perpustakaan, arsip, pusat data, dan rumah sakit.

 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x