9 September Memperingati Hari Olahraga Nasional, Berikut Sejarah, Tema dan Kumpulan Link Twibbon Keren

- 8 September 2023, 13:33 WIB
9 September Memperingati Hari Olahraga Nasional, Berikut Sejarah, Tema dan Kumpulan Link Twibbon Keren
9 September Memperingati Hari Olahraga Nasional, Berikut Sejarah, Tema dan Kumpulan Link Twibbon Keren /
 

Berita KBB - Sabtu 9 September 2023 bertepatan dengan momentum peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40.


Menurut dokumen Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Olahraga Nasional 2023, tema Haornas yang diusung tahun ini yakni “Gelanggang Semangat Pemenang”, atas dasar kesiapan pemuda Indonesia mengobarkan semangat pemenang di dalam seluruh jiwa raga masyarakat Indonesia.


Untuk memeriahkan momentum Hari Olahraga Nasional 2023 ini, ada beberapa link Twibbon yang keren untuk diunggah di media sosial, baik dijadikan foto profil maupun diunggah untuk feed.

 

Sebelum itu, ada baiknya terlebih dahulu mengenal sejarah lahirnya Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap 9 September ini.


Haornas pertama kali diperingati pada pertengahan dekade 80-an tepatnya pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Momen ini diperingati setiap 9 September berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 1985 tentang Haornas.


Dikutip dari laman Dispora Sumut, tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I pada 9-12 September 1948 di Solo, Jawa Tengah.


PON I ini digelar karena para atlet Indonesia tidak dapat berpartisipasi pada Olimpiade XIV/1948 di London, Inggris. Saat itu, Indonesia yang baru merdeka belum diakui kedaulatannya secara penuh di kancah internasional.


Jika ingin tetap berpartisipasi, maka para atlet Indonesia harus menggunakan paspor Belanda. Hal ini tentunya tidak disetujui para atlet yang ingin tampil sebagai perwakilan dari Indonesia.


Pada PON I tersebut, ada 600 atlet yang bertanding pada 9 cabang olahraga demi memperebutkan 108 medali. Antusiasme para atlet pada even olahraga nasional pertama inilah yang mendasari 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional.


Itulah sejarah singkat dan tema yang diusung dalam momentum Hari Olahraga Nasional 9 September 2023. Berikut ini Berita KBB rangkum kumpulan link Twibbon Haornas 2023 untuk unggahan di media sosial, lengkap dengan cara unduh dan menggunakannya.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Kemenpora Dispora Sumut


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x